Home » Kongkow » Biologi » Anatomi Jantung Manusia dan Fungsi-fungsinya

Anatomi Jantung Manusia dan Fungsi-fungsinya

- Kamis, 23 Juni 2022 | 09:00 WIB
Anatomi Jantung Manusia dan Fungsi-fungsinya

Jantung manusia adalah organ kecil, berbentuk agak seperti buah pir terbalik. Berat Jantung manusia kira-kira antara 200-400 gram. Jantung memainkan peran penting dalam sirkulasi darah, dengan memompa darah terdeoksigenasi ke paru-paru, dan memasok darah beroksigen dari paru-paru ke bagian lain dari tubuh.

Jantung manusia dibagi menjadi 4 ruang atau bagian yaitu dua ventrikel (bagian bawah) dan dua atrium (bagian atas).

Jika dilihat pada diagram jantung, terdapat jalur yang berbeda seperti katup trikuspid, katup mitral, katup aorta dan katup pulmonal dimana darah mengalir untuk pemurnian.

Anatomi Jantung manusia adalah sebagai berikut:

a. Perikardium

Jantung terletak dalam rongga berisi cairan yang disebut rongga perikardial. Dinding dan lapisan rongga perikardial adalah membran khusus yang dikenal sebagai perikardium. Perikardium adalah jenis membran serosa yang menghasilkan cairan serosa untuk melumasi jantung dan mencegah gesekan antara jantung saat berdetak dengan organ sekitarnya.

Selain pelumasan, perikardium berfungsi untuk menahan jantung tetap dalam posisi dan mempertahankan ruang kosong bagi jantung untuk memperluas ke bila sudah penuh. Perikardium memiliki 2 lapisan-lapisan visceral yang menutupi bagian luar jantung dan lapisan parietal yang membentuk kantung di sekitar bagian luar rongga perikardial.

b. Struktur Dinding Jantung

Dinding jantung terbuat dari 3 lapisan diantaranya epikardium, miokardium dan endokardium.

1. Epikardium adalah lapisan terluar dari dinding jantung dan hanya nama lain untuk lapisan visceral dari perikardium. Dengan demikian, epikardium merupakan lapisan tipis membran serosa yang membantu untuk melumasi dan melindungi bagian luar jantung. Di bawah epikardium adalah yang kedua, lapisan tebal dari dinding jantung yakni miokardium.

2. Miokardium adalah lapisan tengah otot dari dinding jantung yang berisi jaringan otot jantung. Miokardium menjadi mayoritas dari ketebalan dan massa dari dinding jantung dan merupakan bagian dari jantung yang bertanggung jawab untuk memompa darah. Di bawah miokardium adalah lapisan endokardium tipis.

3. Endokardium adalah skuamosa sederhana lapisan endothelium yang melapisi bagian dalam jantung. Endokardium sangat halus dan bertanggung jawab untuk menjaga darah tidak menempel ke dalam jantung dan membentuk bekuan darah yang berpotensi mematikan.

Ketebalan dinding jantung bervariasi di berbagai bagian jantung. Atrium jantung memiliki miokardium sangat tipis karena mereka tidak perlu untuk memompa darah yang sangat jauh hanya untuk ventrikel di dekatnya. Ventrikel di sisi lain memiliki miokardium sangat tebal untuk memompa darah ke paru-paru atau seluruh tubuh. Sisi kanan jantung tidak memiliki miokardium di dinding dari sisi kiri karena sisi kiri harus memompa darah melalui seluruh tubuh sementara sisi kanan hanya memiliki untuk memompa ke paru-paru.

Baca juga:

Perbedaan Henti Jantung dan Serangan Jantung

Persamaan Dan Perbedaan Otot Lurik, Otot Polos, & Otot Jantung

c. Ruang Jantung

Jantung terdiri dari 4 ruang antara lain atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan, dan ventrikel kiri. Atrium lebih kecil dari ventrikel dan memiliki dinding tipis, kurang berotot dibandingkan ventrikel. Atrium bertindak sebagai ruang penerima untuk darah, sehingga mereka terhubung ke pembuluh darah yang membawa darah ke jantung.

Ventrikel adalah ruang yang lebih besar sebagai tempat pemompaan kuat yang mengirimkan darah keluar dari jantung. Ventrikel adalah bagian yang terhubung ke arteri yang membawa darah dari jantung. Ventrikel kiri berfungsi menerima darah dari organ atrium kiri serta membawanya menuju ke seluruh tubuh. Sedangkan Ventrikel kanan / ventrikel dextra berfungsi untuk menyalurkan darah ke sirkulasi pulmonal.

Ruang-ruang di sisi kanan jantung lebih kecil dan memiliki lebih sedikit miokardium di dinding jantung mereka ketika dibandingkan dengan sisi kiri jantung. Perbedaan ukuran antara sisi jantung adalah terkait dengan fungsi dan ukuran 2 putaran peredaran darah. Sisi kanan jantung mempertahankan sirkulasi paru-paru ke paru-paru di dekatnya sementara sisi kiri jantung memompa darah sampai ke ekstremitas tubuh dalam putaran peredaran darah sistemik.

d. Katup Jantung

Fungsi jantung memompa darah dengan baik ke paru-paru dan sistem tubuh. Untuk mencegah darah mengalir mundur atau “muntah” kembali ke jantung, sistem katup yang hadir dalam satu arah pada hati. Katup jantung dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu katup atrioventrikular dan semilunar.

1. Katup atrioventrikular

Katup atrioventrikular (AV) yang terletak di tengah-tengah jantung antara atrium dan ventrikel dan hanya memungkinkan darah mengalir dari atrium ke ventrikel.

Katup AV di sisi kanan jantung disebut katup trikuspid karena terbuat dari tiga katup (flaps) yang terpisah untuk memungkinkan darah untuk melewati dan menghubungkan untuk memblokir regurgitasi darah.

Katup AV di sisi kiri jantung disebut katup mitral atau katup bikuspid karena memiliki dua katup. Katup AV yang melekat pada sisi ventrikel dengan tali kuat disebut korda tendinea.

Korda tendinea tertarik pada katup AV untuk menjaga mereka dari terlipat belakang dan memungkinkan darah untuk dimuntahkan melewati mereka. Selama kontraksi dari ventrikel, katup AV terlihat seperti parasut kubah dengan tendinea korda bertindak sebagai tali yang memegang parasut kencang.

2. Katup semilunar

Katup semilunar, dinamakan demikian karena berbentuk bulan sabit, terletak antara ventrikel dan arteri yang membawa darah dari jantung.

Katup semilunar di sisi kanan jantung adalah katup paru, dinamakan demikian karena mencegah aliran balik darah dari batang paru ke ventrikel kanan.

Katup semilunar di sisi kiri jantung adalah katup aorta, diberi nama demikian karena mencegah aorta dari muntah darah kembali ke ventrikel kiri. Katup semilunar lebih kecil dari katup AV dan tidak memiliki korda tendinea untuk menahan mereka di tempat.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya