Home » Kongkow » Materi » Persamaan Dan Perbedaan Otot Lurik, Otot Polos, & Otot Jantung

Persamaan Dan Perbedaan Otot Lurik, Otot Polos, & Otot Jantung

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 08:00 WIB
Persamaan Dan Perbedaan Otot Lurik, Otot Polos, & Otot Jantung

Otot ialah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot di kelompokan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut. 

Setiap bagian otot memiliki pengertian, fungsi dan ciri – ciri masing – masing, adapun diantaranya dibawah ini ;

Sumber : Youtube Utak Atik Otak

URL : https://youtu.be/CbZBErFLgnI

Otot Lurik

Otot lurik adalah otot yang mempunyai tampilan seperti namanya yaitu tampilan lurik antara gelap dan terang dengan tampilan yang berseling. Otot lurik ini terletak pada bagian rangka dan menempel pada bagian rangka manusia atau hewan sehingga otot ini juga sering disebut sebagai otot rangka.

Otot ini menempati seluruh bagian tubuh manusia atau hewan secaramenyebar. Cara kerja otot lurik ini bekerja dibawah kesadaran atau bukan gerak refleks artinya otot ini digerakan secara sadar oleh manusia maupun hewan. otot lurik juga mempunyai ciri yang mudah mengalami kelelahan dikarnakan adanya asam laktat yang menumpuk di sel otot lurik ini.

otot lurik

gambar otot lurik

Contoh Otot Lurik : Otot betis, otot paha, otot perut, dan lengan.

Otot Polos

Otot polos ialah otot yang dikelompokkan dalam kategori otot tak sadar atau refleks. Artinya otot ini bekerja dibawah alam kesadaran kita otot polos merupakan otot yang jaringannya dibentuk oleh sel-sel otot dan bentuk otot polos seperti gelendong, dimana kedua ujungnya meruncing serta bagian tengahnya menggelembung.

Otot polos juga membentuk lapisan pada alat-alat dalam tubuh, misalnya dinding usus, pembuluh darah, saluran kelamin, dan dinding rahim. Karena itu, otot polos sering disebut juga dengan otot alat-alat dalam. Cara kerja otot polos tidak menurut perintah otak, namun terjadi diluar kesadaran otak. Itulah yang menyebabkan otot polos disebut juga otot tak sadar (otonom).

otot polos

gambar otot polos

Contoh Otot Polos : Otot lambung, otot usus, dan otot nadi

Otot Jantung

Otot jantung ialah otot yang membentuk jantung. Ini adalah jenis otot lurik, dengan segmen berubah-ubah dari serat protein tebal dan tipis yang sering disebut miosin dan aktin masing-masing menyebabkan striasi ini.

Fungsi otot jantung adalah memompa jantung untuk mengedarkan darah keseluruh bagian tubuh. Keistimewaan utama dari otot jantung adalah bahwa mereka sekali mulai aktif dengan selalu menjalani proses kontraksi dan relaksasi tanpa mengalami keadaan kelelahan (tanpa henti).

Hal yang menarik untuk diketahui bahwa kegiatan otot jantung mulai sejak tahap janin dan terakhir sampai kematian. Alasan mengapa otot jantung tetap tanpa lelah karena pasokan yang sangat tinggi oksigen.

Desain dari sistem peredaran darah memberikan kontribusi untuk menyediakan darah dengan konsentrasi tertinggi oksigen untuk otot jantung, sehingga semua permintaan akan dapat terwujud untuk mencegah kelelahan.

Otot-otot jantung terdiri dari sel-sel otot jantung yang sering disebut kardiomiosit. Didalam setiap kardiomiosit, ada satu atau dua inti, tapi kadang-kadang mungkin ada tiga atau empat inti dalam satu sel. Otot jantung yang berirama kontraksi dan relaksasi mengakubatkan denyut berirama dan jantung berdetak.

otot jantung

gambar otot jantung

Contoh Otot Jantung : Otot jantung terdapat pada jantung

Perbedaan Antara Otot Lurik, Otot Polos, Serta Otot Jantung

otot lurik polos jantung

perbedaan otot lurik, polos, dan jantung

perbedaan otot lurik, polos, dan jantung

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, persamaan dan perbedaan antara otot lurik, otot polos, dan otot jantung, Semoga bermanfaat…

Cari Artikel Lainnya