Home » Kongkow » Biologi » Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

- Rabu, 07 April 2021 | 11:15 WIB
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Selain manusia, di dunia ini juga terdapat makhluk lain yakni hewan dan tumbuhan yang juga memiliki struktur sel yang berbeda beda. Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan sendiri merupakan sesuatu yang tidak asing dan umum kita jumpai mengingat setiap makhluk diciptakan berbeda beda. Pada hakekatnya hewan dapat diklasifikasikan kedalam 5 kingdom hewan yang berbeda, sedangkan tumbuhan sendiri dibagi menjadi kingdom kingdom berbeda sesuai dengan klasifikasinya.

Pada dasarnya materi perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dapat dengan mudah kita temukan pada pembelajaran biologi di tingkat universitas mapun SMA. Penelitian secara anatomi sendiri telah membuktikan bahwa struktur sel hewan dan tumbuhan memang berbeda. Namun jika dikaji lebih dalam lagi kita akan menemukan fakta bahwa struktur dasar sel hewan dan sel tumbuhan memiliki kesamaan.

Yang menjadi point penting dalam perbedaan sel hewan dan tumbuhan adalah tentang perbedaan yang terdapat pada struktur dinding sel serta vakuolanya. Pada dasarnya baik stuktur sel hewan dan tumbuhan memiliki kesamaan, namun kedua sel ini mengalami perbedaan dalam hal perkembangan yang menyesuaikan dengan lingkungan sehingga menyebabkan timbulnya perbedaan.

Untuk mendapatkan pembuktian serta kejelasan dari perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan maka kita harus melakukan beberapa penelitian atau uji laboratorium yang menyertakan sampel sampel dari masing masing subjek (hewan dan tumbuhan). Dalam meneliti sel hewan dan tumbuhan pun juga harus dilakukan secara teliti karena jika kita tidak terlalu paham dalam proses penelitian ini kita tidak akan mampu menemukan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan tersebut.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan cuplikan singkat tentang hasil penelitian yang membuktikan adanya perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Namun untuk memahami perbedaan sel tersebut, sebelumnya anda perlu memahami tentang perbedaan struktur sel hewan dan sel tubuhan terlebih dahulu. Setelah memahami struktur kedua makhluk ini maka kita juga harus memahami tentang sel tumbuhan dan sel hewan secara umum agar kita mengetahui perbedaannya.

Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Secara garis besar struktur sel hewan dan sel tumbuhan terdiri dari struktur dasar yang sama. Seperti yang telah saya terangkan sebelumnya perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan ini terlihat pada perkembangan yang signifikan sesuai dengan lingkungan masing masing sehingga menyebabkan timbulnya perbedaan antara hewan dan tumbuhan tersebut. Salah satu perbedaan tersebut terlihat dari segi ekologi dimana tumbuhan merupakan makhluk yang mampu menciptakan makanan sendiri sedangkan hewan adalah makhluk yang berperan memakan tumbuhan dan hewan lain yang ada.

Struktur sel hewan dan sel tumbuhan juga bersenggolan langsung dengan jaringan jaringan sel yang terdapat pada hewan dan tumbuhan tersebut. Hal ini sendiri telah kita bahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul Perbedaan Jaringan Hewan dan Jaringan Tumbuhan.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Untuk mengetahui perbedaan sel hewan dan tumbuhan maka simaklah tabel dibawah ini sebagai acuan referensi:

Berdasarkan tabel perbedaan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat 7 perbedaan dasar pada sel hewan dan sel tumbuhan, dan perbedaan yang ke 8 terletak pada jaringan jaringan sel itu sendiri yang sebelumnya telah kita bahas. 

Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Setelah kita mengetahui apa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan maka saatnya kita membaca penjelasan tentang sel hewan dan sel tumbuhan itu sendiri agar materi yang kita dapatkan mudah untuk diingat dan dicerna.

Sel Hewan

Sel hewan memiliki jaringan organ yang khas dan unik pada setiap selnya yang tidak terdapat pada sel tumbuhan yang disebut sentriol. Sentriol sendiri merupakan sepasang struktur menyerupai silinder dengan lubang ditengahnya dan tersusun dari kumpulan  protein mikrotubulus. Anggota pasangan sentriol ini umumnya terletak paa posisi yang menyudut ke kanan satu sama lain. Sentriol sendiri tersusun dari mikrotubulus yang bersatu dan membentuk sebuah struktur protein layaknya jala yang beredakatan.

Selain memiliki sentriol, hewan juga memiliki vakula yang merupakan ruang yang terdapat dalam sel dan berfungsi untuk menjaga tekanan sel itu sendiri. Meskipun juga terdapat beberapa hewan yang tidak memiliki bagian ini juga seperti amoeba dan hewan bersel satu lainnya.

Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan yang paling mencolok dan membedakan dengan sel hewan adalah adanya kloroplas atau dalam bahasa sehari hari kita menyebutnya klorofil. Bagian inilah yang membuat tumbuhan berwarna hijau dan mampu membuat makanan sendiri atau berfotosintesis.

Pada hakekatnya baik hewan dan tumbuhan diciptakan untuk hidup saling berdampingan dengan manusia. Adanya kesinambungan antara manusia hewan dan tumbuhan juga telah memberikan dampak berupa munculnya rantai makanan dan jaring jaring makanan yang nantinya akan kita bahas setelah artikel ini. Terimakasih.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya