Home » Kongkow » Sejarah » Tokoh Pendiri Asean

Tokoh Pendiri Asean

- Selasa, 02 Maret 2021 | 10:00 WIB
Tokoh Pendiri Asean

Sejarah ASEAN pertama kali dibentuk pada tahun 1967 lewat Deklarasi Bangkok. mulanya hanya ada 5 negara pendiri ASEAN yang diwakili  dari tiap negara yang menandatanganinya. Siapa sajakah 5 tokoh pendiri ASEAN tersebut?

5-Tokoh-Pendiri-Asean-:-Adam-Malik,-Tun-Abdul-Razak,-Thanat-Khoman,-S.-Rajaratnam

Pengertian ASEAN

ASEAN merupakan ringkasan tentang Association of Southeast Asian Nations. Organisasi ini adalah organisasi antara negara-negara Asia Tenggara di bidang ekonomi, politik maupun olahraga dan juga kerja sama internasional lainnya. Mula mula ASEAN didirikan lewat Deklarasi Bangkok yang diselenggarakan pada tanggal 8 Agustus 1967. bagaikan namanya, Deklarasi Bangkok dilaksanakan di kota Bangkok, Thailand

pengakuan Deklarasi Bangkok dilaksanakan oleh 5 negara pendiri ASEAN. yang menjadi anggota awal ASEAN dimasa kini sudah ada 10 negara anggota ASEAN secara keseluruhan. Adapun halnya 5 negara pendiri ASEAN tersebut melengkapi Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina. Tiap negara diwakilkan tokoh bagai perwakilan negara yang menandatangani Deklarasi Bangkok tersebut

 Tokoh Pendiri ASEAN

 Nama nama pendiri ASEAN yang mewakili tiap negara-negara pendiri ASEAN. Berikut ini namanamanya

1 Adam Malik (Indonesia)

Adam Malik adalah aktifis Indonesia yang dikenal sebagai dari salah  satu  5 pendiri ASEAN yang berasal dari Indonesia. dia lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara pada tanggal 22 Juli 1917 dan wafat di kota Bandung, Jawa Barat pada tanggal 5 September 1984. Saat menandatangani pembentukan ASEAN pada tahun 1967, Adam Malik menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia dan mewakili Indonesia dalam kejadian Deklarasi Bangkok yang menjadi sebuah asal usul terbentuknya ASEAN.

  1. Tun Abdul Razak (Malaysia)

Tun Abdul Razak ia lahir di Pekan, Pahang, Malaysia pada tanggal 11 Maret 1922 dan wafat di London, Inggris pada tanggal 14 Januari 1976. Ia dikenal sebagai perwakilan Malaysia dalam Deklarasi Bangkok, menjadikannya ia satu dari 5 tokoh pendiri ASEAN. Abdul Razak juga menjabat menjadi Perdana Menteri Malaysia mulai dari tahun 1970 sampai ia wafat di tahun 1976

  1. Thanat Khoman (Thailand)

Dalam sebuah Deklarasi Bangkok, negara Thailand diwakili oleh Thanat Khoman sebagai Menteri Luar Negeri Thailand diantaranya tahun 1959 hingga 1971. Khoman lahir di Bangkok pada tanggal 9 Mei 1914 dan wafat pada tanggal 3 Maret 2016 kemudian di usia ke-101 tahun. Thanat Khoman pun dikenal sebagai tokoh pemrakarsa ASEAN dari Thailand yang menjabat sebagai tuan rumah penandatanganan persetujuan.

  1. Narciso Ramos (Filipina)

Narciso Ramos merupakan aktifis politik berasal dari Filipina yang menjabat sebagai pendiri ASEAN. dia lahir didaerah Asingan, Pangasinan, Filipina pada tanggal 11 November 1900 dan wafat di kota Manila, Filipina pada tanggal 3 Februari 1986. Ramos ia juga berprofesi sebagai jurnalis, pengacara dan duta besar. Saat Deklarasi Bangkok, Narciso Ramos mewakili Filipina menjadi Menteri Luar Negeri dan menjadi salah satu pelopor berdirinya ASEAN.

  1. S. Rajaratnam (Singapura)

Tokoh pemrakarsa ASEAN berikut ini adalah S. Rajaratnam yang berasal dari Singapura. Nama lengkapnya ialah Sinnathamby Rajaratnam yang lahir di Jaffina pada tanggal 25 Februari 1915 dan wafat di Singapura pada tanggal 22 Februari 2006. dia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Singapura pada tahun 1965 sampai 1980, maka tak heran jika dia menjadi salah satu wakil dari Singapura dalam penandatanganan Deklarasi Bangkok 1967.

demikian artiel ini tentang 5 Tokoh Pendiri Asean : Adam Malik, Tun Abdul Razak, Thanat Khoman, S. Rajaratnam, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya