999 +
0
217
0
Jenis Tumbuhan yang Hidup di Dataran Rendah
4 weeks 'ago'

Dataran rendah adalah hamparan luas tanah dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah (sampai dengan 200 mdpl). Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi.

Suhu udara di dataran rendah, khususnya untuk wilayah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius sampai dengan 28 derajat Celsius sepanjang tahun.

Mengapa daerah dataran rendah cepat berkembang?

Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia karena suhu di dataran rendah cukup nyaman karena tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, dan tidak terlalu panas seperti di pesisir. Pada daerah dataran rendah juga cepat berkembang karena sering dijadikan sebagai pusat ekonomi. Akses yang mudah dijangkau oleh penduduk menjadi alasannya. Daerah dataran rendah memiliki permukaan tanah yang datar dan biasanya lebih dekat dengan daerah pantai atau laut, sehingga dapat memudahkan transaksi ekonomi terutama di bidang perdagangan. Berikut ini adalah ciri-ciri dari daerah dataran rendah.

Ciri – ciri dataran rendah

  • Permukaan tanah yang cenderung datar
  • Banyak gedung atau pabrik yang dibangun
  • Suhu udara antara 23 derajat celsius sampai 28 derajat celsius
  • Digunakan sebagai lahan pertanian.

Tanaman apa sajakah yang dapat ditanam pada daerah yang berada di bawah 600 m?

Berikut ini adalah contoh tanaman yang dapat hidup di daerah dataran rendah, diantaranya

1. Padi 

Padi merupakan jenis tumbuhan yang hanya bisa hidup di daerah dataran rendah saja. Padi bisa hidup hingga suhu mencapai 36 derajat celcius. Namun sangat baik jika hidup di suhu berkisar 30 derajat celcius dengan curah hujan yang sedang.

2. Kelapa

Kelapa banyak ditemukan di dataran rendah khususnya di daerah pesisir pantai. Tumbuhan ini memang sangat cocok di tanam di pesisir pantai karena bisa dimanfaatkan untuk menghalau angin yang menuju ke arah daratan. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya abrasi. Kelapa sangat tahan pada suhu yang ekstrim sekalipun.

3. Pisang

Pisang merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh sangat baik di dataran rendah. Tumbuhan ini berbuah sepanjang tahun sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan. Pisang juga tumbuh dan berkembangbiak dengan sangat cepat. Selain itu tidak diperlukan perawatan khusus alias cara perawatannya sangat mudah.

Baca Juga :

Jenis Tumbuhan yang Hidup di Dataran Tinggi

4. Jagung

Jagung hanya bisa hidup dengan baik di dataran rendah. Jagung merupakan salah satu jenis tumbuhan tropis yang paling banyak ditanam karena buahnya bisa dimanfaatkan untuk sumber pangan. Jagung bisa bertahan pada suhu yang tinggi dan ekstrim sekalipun.

5. Sayuran Dataran Rendah
Disebut dataran rendah jika ketinggian permukaan tanah berada pada level 0—600 m di atas permukaan laut (dpl). Adapun jenis tanaman sayur yang cocok ditanam di daerah dataran rendah antara lain kangkung, bayam, terung, kacang panjang, dan kecipir.

6. Buah Jeruk

Buah jeruk juga masuk kedalam daftar tanaman budidaya yang cocok di dataran rendah selanjutunya. Di Indonesia, tanaman ini sudah banyak dibudidayakan. Buah satu ini juga bisa ditanam pada mendia tanah lempung atau pun lempung berpasir dengan kandungan unsur mikro serta makro yaitu pH 5,6 – 7 dan suhu udara antara 20 derajat celcius hingga 33 derajat celcius.

Untuk menaman Buah Jeruk dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara vegetative atau biasa dikenal dengan stek dan yang kedua secara generatif yaitu dengan memilih biji unggul sebagai bibit jeruk.

Buah Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, buah ini biasanya diolah menjadi makanan, minuman dan vitamin berbentuk permen. Buah dengan nama ilmiah Citrus ini memiliki banyak varian atau jenis, berikut diantaranya :

  • Jeruk Keprok
  • Jeruk Purut
  • Jeruk Nipis
  • Jeruk Mansi
  • Jeruk Kingking
  • Jeruk Bali

7. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek dapat tumbuh dilokasi dengan suhu hingga 30 derajat celcius, namun idelanya tanaman ini tumbuh pada suhu 21 derajat celcius. Kurang lebih terdapat 36 spesies anggrek yang dapat tumbuh didaerah panas. Spesies-spesies Bunga Anggrek dikenal memilik bunga yang cantik, batang yang kuat dan bunga dapat mekar lama dengan daun.

Nahh otakers, demikian pembahasan tentang Dataran Rendah dan tumbuhan apa saja yang bisa ditanam di Dataran Rendah. Semoga bermanfaat yah !

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Siska
100
4
5
Lencana
Kongkow