999 +
0
52
0
Hewan Langka di Indonesia Beserta daerah Asalnya
2 months 'ago'

Hewan adalah salah satu makhuk hidup yang memiliki peranan sangat penting di muka bumi karena menjaga keseimbangan ekosistem, kelestarian alam dan juga menjadi sumber makanan bagi manusia serta membantu manusia dalam menjalankan pekerjaannya.Tapi otakers, sayangnya dari ribuan jenis flora dan fauna yang hidup di wilayah Indonesia, ada sekitar 294 jenis flora dan fauna Indonesia yang masuk dalam daftar spesies yang terancam punah (hewan langka) dan patut dilindungi. 

Berikut ini adalah beberapa jenis hewan yang terancam punah dengan asalnya

1.Komodo (Varanus komodoensis)

Habitat utama Komodo hanya ada di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Komodo memang dikenal hidup di Pulau Komodo, Indonesia dan sekitarnya. Namun menurut jejak fosilnya, Komodo berasal dari Australia dan baru pindah Pulau Nusa Tenggara, Indonesia sekitar 900.000 tahun yang lalu.

2. Anoa (Bubalus depressicornis)

Anoa berasal dari pulau Sulawesi, tepatnya di provinsi Sulawesi Tenggara. Hewan ini termasuk fauna peralihan (Asiatic – Australis). 

3. Monyet Hitam Sulawesi (Macaca Nigra)

Kera Hitam Sulawesi atau sering juga disebut monyet berjambul merupakan salah satu dari sekian jenis perimata yang keberadaannya mulai langka dan terancam mengalami kepunahan. Kera Hitam Sulawesi merupakan satwa endemik berasal dari pulau Sulawesi, tepatnya di daerah provinsi Sulawesi Utara. 

4. Pesut Mahakam (Orcaella Brevirostris)

Menurut WWF, pesut Mahakam disebut juga dengan lumba-lumba Irrawaddy atau lumba-lumba air tawar biasanya ditemukan di daerah pantai di Asia Selatan dan Tenggara, dan di tiga sungai: Ayeyarwady (Myanmar), Mahakam (Kalimantan Indonesia) dan Mekong. Saat ini Ilmuwan internasional mengklasifikasikan populasi Pesut Mahakam di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, dalam kondisi sangat terancam punah.

5. Macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas)

Macan tutul jawa atau macan kumbang adalah salah satu subspesies dari macan tutul yang hanya ditemukan di hutan tropis, pegunungan dan kawasan konservasi Pulau Jawa, Indonesia.

6. Burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Burung jalak bali atau adalah hewan endemis Indonesia yang berasal dari Bali. Burung ini pertama di temukan pada tahun 1910 oleh seorang ahli binatang bernama Walter rothchild, karakteristik burung jalak bali yang unik karena memiliki bulu putih bersih dan warna biru di bagian mata yang cantik.

7. Katak Merah atau Katak Api (Leptophryne cruentata)

Kodok Merah atau dalam bahasa latinnya Leptophryne cruentata merupakan jenis kodok endemik yang hanya ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. 

8. Badak Bercula Satu (Rhinoceros sondaicus)

Badak bercula satu atau yang disebut juga sebagai Badak Jawa Indonesia pernah hidup di Pulau Jawa dan Sumatra. Kini populasinya hanya sekitar 40-50 di Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di ujung barat Pulau Jawa.

9. Badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis)

Badak sumatra dahulu tinggal di bagian barat daya Tiongkok, khususnya di Sichuan Mereka sekarang terancam punah, dengan hanya enam populasi yang cukup besar di alam liar: empat di Sumatra, satu di Kalimantan, dan satu di Semenanjung Malaysia.

10. Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus)

Gajah sumatra adalah subspesies dari gajah asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatra. Gajah sumatra berpostur lebih kecil daripada subspesies gajah india. Populasinya semakin menurun dan menjadi spesies yang sangat terancam.

11. Orang Utan (Zian WK)

Orang utan atau mawas adalah salah satu jenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat yang hidup di hutan tropis Indonesia dan Malaysia, khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatra.

12. Kuda Nil (Hippopotamus amphibius)

Kuda nil adalah mamalia dari yang berukuran besar, omnivora dan berasal dari Afrika sub-sahara Mereka tinggal di dan dekat air tawar seperti sungai dan danau.

13. Kucing Merah Kalimantan (Pardofelis badia)

Kucing Merah adalah hewan endemis asli Pulau Kalimantan dengan karakteristik warna merah di seluruh tubuhnya.

14. Tarsius (Lemur tarsier)

Tarsius berasal dari Sulawesi yang menginspirasi Karakter Star Wars. Tarsius adalah primata endemik Asia Tenggara dari famili tarsiadee. Di masa lalu, daerah penyebaran hewan ini sangat luas, namun kini hanya dapat ditemukan di sedikit wilayah. Salah satu jenis tarsius langka terdapat di Sulawesi, Indonesia.

15. Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sondaica)

Harimau Sumatra atau dalam Bahasa Latin bernama Panthera Tigris Sondaica adalah spesies Hewan langka dan terancam punah ditetapkan oleh IUCN. Harimau ini merupakan satwa atau endemis asli dari Pulau Sumatra dimana jumlah di habitat aslinya hewan ini hanya tersisa sekitar 400 sampai 500 ekor saja.

Nahh otakers, agar lebih jelas kalian bisa tonton video berikut ya

Sumber :
Follow Us On :
Lencana
Kongkow