Home » Kongkow » Materi » Apa itu Hewan Vertebrata?

Apa itu Hewan Vertebrata?

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Apa itu Hewan Vertebrata?

Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Dalam klasifikasi makhluk hidup, vertebrata termasuk dalam subfilum dari chordata dan berakhir di kingdom animalia.

Ciri-ciri Hewan Vertebrata

  • Telah memiliki tulang belakang sejati.
  • Memiliki otak yang sudah berkembang dengan baik.
  • Sebagian besar memiliki tubuh dan kepala yang terpisah.
  • Memiliki kerangka yang disebut juga endoskeleton.
  • Ukuran tubuh bervariasi.
  • Mempunyai alat gerak aktif.
  • Memiliki alat pencernaan yang lengkap.
  • Memiliki sistem peredaran darah tertutup.

Klasifikasi Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata terbagi menjadi dua yaitu pisced dan tetrapoda. Selanjutnya tetrapoda terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu amfibi, reptil, mamlia, dan aves.

1. Pisces (Ikan)

Pisces atau biasa disebut ikan merupakan hewan yang memiliki habitat di air. Mempunyai struktur tubuh khusus yang dapat bergerak dengan cepat di air. Ikan memiliki sirip yang digunakan untuk berenang. Sirip pada ikan terdiri dari 5 jenis sirip, yaitu sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip belakang, dan sirip ekor. Ikan bernafas menggunakan insang contohnya seperti ikan tuna, ikan kakap, ikan hiu, dan lain-lain. namun, hewan seperti paus dan lumba-lumba bukan merupakan ikan. Karena mereka merupakan hewan yang menyusui atau mamalia.

Ikan merupakan hewan vertebrata karena mereka adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Dalam struktur tulang ikan tersusun atas tulang sejati dan tulang rawan. Ikan memiliki tulang yang memberikan bentuk dasar pada ikan. Namun beberapa ikan memiliki struktur yang sedikit unik, misalnya ikan pari, kuda laut, ikan hiu, dan lain-lain.

2. Amfibi

Hewan amfibi

Amfibi adalah salah satu hewan yang dapat hidup di darat maupun di air. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai dua sistem pernapasan yaitu paru-paru dan kulit, sehingga mereka dapat tinggal di darat maupun di air. Katak juga merupakan salah satu hewan amfibi mereka dapat hidup di dua alam. Walaupun begitu katak harus dekat dengan air untuk menjaga agar kulinya tetap lembab.

Katak juga merupakan hewan vertebrata, karena tubuhnya tersusun dari kerangka yang disana terdapat tulang belakang. Struktur tulang katak juga unik. Mereka diciptakan mempunyai tulang kaki yang panjang sehingga dapat digunakan untuk melompat hingga jauh.

3. Reptil

Hewan reptil

Reptil merupakan salah satu hewan vertebrata yang berdarah dingin dan mempunyai sisik yang menutupi tubuhnya. Sebagian besar reptil berkembang biak dengan bertelur. Reptil sama seperti mamalia yaitu bernapas dengan paru-paru, mempunyai empat ruang katup jantung. Yang membedakan reptil dengan mamalia adalah sekat pada reptil yang masih belum sempurna dibandingkan dengan mamalia.

Salah satu reptil yang masih hidup di dunia ini adalah komodo. Komodo merupakan salah satu kadal terbesar di dunia. Reptil ini mempunyai habitat di pulau komodo yang terletak di Indonesia. Hewan ini merupakan hewan berdarah dingin yang memakan daging atau karnivora

4. Aves (burung)

Aves adalah salah satu vertebrata

Aves atau burung merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki bulu dan sayap. Sebagian besar dari aves ini bisa terbang, namun ada pula yang tidak bisa terbang, seperti ayam, burung unta, penguin. Selain itu hewan tercepat yang ada di bumi berasal dari aves, yaitu peregrine falcon atau yang bisa disebut alap-alap kawah. kecepatan alap-alap kawah dapat mencapai kecepatan 389 km/jam.

5. Mamalia (binatang menyusui)

Mamalia vertebrata

Mamalia merupakan hewan dengan memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anaknya. Mamalia bernafas menggunakan paru-paru. Mamalia juga merupakan hewan yang memiliki tulang belakang. Jantung mamalia terdapat empat ruang.

Berdasarkan fisik tubuhnya mamalia mempunyai tubuh yang ditutupi oleh rambut. Mamalia tergolong dalam hewan berdarah panas. Contoh hewan mamalia yaitu meliputi sapi, kambing, kuda, paus, lemba-lumba, dan lain-lain

Cari Artikel Lainnya