999 +
0
45
0
Peran Pengurai Bagi Produsen dalam Rantai Makanan
4 weeks 'ago'

Hallo Otakers….

Pada materi berikut ini, kami akan menjelaskan bagaimana peran pengurai bagi produsen dalam rantai makanan. Tetapi sebelum kita membahas ap aitu perannya, lebih baik kita bahas terlebih dahulu apa itu rantai makanan. SImak dibawah ini ya Otakers….

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan adalah perpindahan materi dan energi dari makhluk hidup satu ke makhluk hidup lain melalui proses makan dan dimakan dengan urutan tertentu. Rantai makanan ini menjadi bagian ekosistem yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini disebabkan karena ekosistem selalu terdiri dari kumpulan banyak spesies. Dalam rantai makanan, dikenal adanya istilah produsen dan konsumen. Tidak hanya konsumen dan produsen, ada pula posisi dekomposer atau pengurai. Berikut ini fase pada Rantai Makanan.

Produsen Konsumen I Konsumen II Konsumen III Pengurai

Otakers sudah tahu belum peran masing-masing dari produsen, konsumen dan pengurai dalam rantai makanan? Kalau belum kita bahas terlebih dahulu yuk.

  • Produsen

Produsen dalam rantai makanan adalah makhluk hidup yang mampu membuat makanannya sendiri. Contohnya adalah tumbuhan dan fitoplankton. Dalam rantai makanan produsen tidak memakan makhluk lainyya, melainkan produsenlah yang dimakan ole makhluk lainnya. Sebagian besar rantai makanan dimulai dengan tanaman hijau, karena tanaman dapat membuat makanan mereka dengan fotosintesis.

  • Konsumen

Sementara makhluk hidup yang memakan tumbuhan dan hewan lain disebut konsumen. Oleh sebab itu, untuk menjaga kelangsungan hidupnya, konsumen bergantung pada organism lainnya. Konsumen dalam rantai makanan ini biasanya diurutkan sesuai tingkatan, dari konsumen I, konsumen II, konsumen III, dan seterusnya. Konsumen I adalah hewan herbivora, yakni hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Lalu konsumen II,III,IV biasanya adalah hewan karnivora yakni hewan pemakan daging dan bisa juga hewan omnivore yaitu pemakan segala.

  • Pengurai (Dekomposer)

Pengurai adalah makhluk hidup (bakteri, jamur dan mikroorganisme) yang melakukan penguraian sisa-sisa makhluk hidup yang mati menjadi bahan anorganik. Dalam rantai makanan, pengurai memiliki pran sebagai mikro organisme yang bertugas menguraikan di tanah. Fungsi komponen ini sangat berharga sebagai kesuburan tanah.

Baca Juga :

Apa Itu Rantai Makanan?

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

Nah Otakers… sekarang mari kita bahas apasih peran pengurai ini bagi produsen dalam rantai makanan. Simak dibawah ini ya.

Peran Pengurai Bagi Produsen dalam Rantai Makanan

Pengurai dalam rantai makanan ini bertugas untuk  mengurai bangkai atau tumbuhan yang sudah mati lalu mengembalikan nutrisinya ke dalam tanah yang akan digunakan tanaman untuk berfotosintesis. Dari penjelasan tersebut dapat diketahui peran pengurai ini sangatlah bagi Produsen, karena untuk keberlangsungan hidup Produsen biasanya mengambil nutrisi dari dalam tanah, dimana untuk menguraikan tanah menjadi subur membutuhkan bantuan dari pengurai yaitu mikroorganisme. Sederhananya adalah saat pengurai melakukan tugasnya maka uraian dari sisa makanan dan bangkai hewan itu akan menjadi komponen penyusun tanah yang membuat tanah subur ditanami. Selain itu, peran pengurai bagi produsen sangatlah penting karena apa yang diuraikan oleh mikroorganisme tersebut akan dimanfaatkan kembali oleh tumbuhan untuk membuat makan dan fotosintesis. Hingga akhirnya ada tanaman yang tumbuh dan rantai makanan terus berjalan.

Oke Otakerss… itulah penjelasan singkat mengenai Peran Pengurai Bagi Produsen dalam Rantai Makanan. Semoga artikel kali ini bisa menjawab pertanyaan dari Otakers. Salam dari Sabang sampai Merauke.

Sumber :
Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
5
Lencana
Kongkow