Home » Kongkow » IPA » Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

- Senin, 23 November 2020 | 11:00 WIB
Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

Hai Otakers…. Pastinya kalian sudah tahu ya kalau jenis-jenis hewan itu sangat banyak sekali. Nah untuk memudahkan dalam pengelompokannya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu berdasarkan jenis makanannya. Yuk simak dibawah ini penjelasan tentang Materi IPA kelas 4 Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan.

4 Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya itu sangatlah berguna untuk memudahkan dalam menentukan posisi hewan tersebut dalam rantai makanan.

Baca Juga :

Jenis Makanan Hewan

Berdasarkan hal ini pengelompokkan dibagi menjadi empat kelompok besar yaitu herbivora, omnivore, karnivora dan insektivora. Kira-kira kalian sudah tahu belum sih apa perbedaan dari masing-masing kelompok tersebeut? Yuk kita simak penjelasan masing-masing kelompoknya dibawah ini.

1. Hewan Herbivora

Hewan dalam kelompok herbivora ini adalah hewan-hewan pemakan tumbuhan. Hewan Herbivora ini hanya memakan daun-daunan, umbi-umbian, biji-bijian saja tanpa memakan daging. Jika dilihat dari rantai makanana, hewan herbivora ini masuk dalam posisi konsumen tingkat pertama yang langsung memakan produsen (tumbuhan) dan bisa dimangsa oleh hewan karnivora yang sebagai konsumen tingkat kedua. Beberapa contoh hewan herbivora yaitu kambing, unta, kerbau, kelinci, sapi dan zebra.

Berikut ini ciri-ciri hewan yang masuk dalam kelompok herbivora.

  • Gigi hewan herbivora cenderung berupa geraham yang rapat.
  • Memiliki sistem pencernaan yang lebih kompleks.
  • Sistem pencernaan herbivora umumnya mampu mengubah daun dan ranting pohon menjadi glukosa sebagai bahan pembentukan energi melalui bantuan enzim.
  • Hewan herbivora yang pemamah biak memiliki 2 lambung dengan fungsi yang berlainan.

2. Hewan Karnivora

Hewan dalam golongan ini menjadikan hewan lainnya sebagai makanannya, oleh karena itu hewan golongan karnivora ini adalah hewan-hewan pemakan daging. Dalam rantai makanan, hewan karnivora umumnya bertindak sebagai predator atau pemangsa. Hewan karnivora hanya bisa dimakan oleh predator yang urutannya lebih tinggi dalam rantai makanan. Beberapa contoh hewan karnivora yang dapat kita temukan di sekitar lingkungan kita yaitu anjing, kucing, singa, macan, serigala dan lain sebagainya.

Berikut ini ciri-ciri hewan yang masuk dalam kelompok karnivora.

  • Mempunyai racun (bisa) dan memiliki gigi yang tajam. Susunan giginya terdiri dari gigi taring yang kuat
  • Karnivora yang hidup di darat biasanya berjenis mamalia yang berkembang biak dengan cara beranak (vivipar).
  • Hewan karnivora yang hidup di laut umumnya punya ukuran tubuh yang lebih besar dibanding spesies laut lainnya dan berkembang biak dengan cara vivipar (bertelur).
  • Hewan karnivora mempunyai indra penglihat,pencium,dan pendengar yang baik.

3. Hewan Omnivora

Hewan pemakan tumbuhan maupun daging masuk dalam kategori hewan omnivora. Beberapa contoh hewan yang masuk dalam kategori ini adalah monyet, tikus, babi, luwak dan berkantan juga termasuk contoh hewan omnivora. Kelompok hewan ini bisa juga disebut pemakan segalanya. Bahkan manusia pun juga masuk dalam kategori omnivora sejati lho, kerena manusia makan daging dan tumbuhan sebagai sayur.

Berikut ini ciri-ciri hewan yang masuk dalam kelompok omnivora.

  • Bentuk gigi omnivora merupakan gabungan dari bentuk gigi herbivora dan karnivora
  • Struktur giginya berupa gigi seri, gigi taring, dan geraham. Setiap struktur gigi memiliki fungsinya masing-masing, yaitu Gigi seri berbentuk pipih digunakannya untuk memotong makanan gigi taring digunakan untuk mencabik daging sedangkan gigi geraham digunakan untuk mengunyah.
  • Kelompok hewan omnivora memiliki sistem pencernaan yang kompleks karena menyesuaikan dengan jenis makanan yang dikonsumsinya.

4. Hewan Insektivora

Hewan insektivora adalah kelompok hewan yang mengkonsumsi serangga sebagai makanannya, bahkan hewan dalam kelompok ini juga makan bagian ulat dan telur serangga, serta bagian kepompong hingga imago serangga lho otakers. Hewan dalam kelompok ini tidaklah memiliki ciri khusus seperti tiga kelompok hewan lainnya. Hewan golongan insektivora dalam rantai makanan termasuk konsumen tingkat kedua, yaitu yang memakan konsumen tingkat pertama jenis serangga. Contoh dari insektivora adalah golongan reptil, amfibi, ikan, dan juga unggas.

Oke Otakers, itulah ulasan singkat mengenai penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Jangan lupa baca artikel materi lainnya ya. Salam dari Sabang sampai Merauke.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya