Home » Kongkow » IPA » Jenis Makanan Hewan

Jenis Makanan Hewan

- Selasa, 23 November 2021 | 07:00 WIB
Jenis Makanan Hewan

Hai sobat otakers,

Pembahasan materi ini kalian akan mengenal macam-macam jenis makanan hewan yang ada di atas permukaan bumi. Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh semua makhluk hidup kan, selain udara dan air. Nahh apa saja sih jenis makanan yang dibutuhkan hewan ini, mari kita bahas !

Sumber Makanan Hewan

Di alam bebas, hewan hampir memiliki kesamaan dengan manusia dalam hal tipe makanan yang dikonsumsi. Meskipun begitu, tidak semua makanan hewan memiliki kesamaan dengan makanan yang diasup oleh manusia. Perbedaannya pada hewan nantinya akan ada golongan tertentu berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsinya. Hal ini nanti akan dibahasa pada materi selanjutnya terkait “Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya“. Jika dikelompokan menurut sumber makanannya, sumber makanan hewan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sumber makanan dari tumbuhan dan sumber makanan dari hewan.

a. Sumber makanan dari Tumbuhan

Tumbuhan merupakan sumber makanan yang sangat penting untuk hewan.  Tanpa ada tumbuhan, hewan apa pun tidak dapat hidup, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Hampir semua bagian tumbuhan dapat di makan oleh hewan. Dari daun, batang, buah, bunga, biji, sampai akarnya pun bisa dijadikan sumber makanan.

1.Daun

Daun merupakan salah satu bagian tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan oleh hewan sebagai sumber makanannya. Salah satu hewan yang menjadikan daun sebagai sumber makanan dan sekaligus tempat tinggalnya adalah ulat. Namun tidak hanya ulat, beberapa hewan yang memanfaatkan daun untuk makan diantaranya kambing, sapi, kelinci, jerapah, kijang, kerbau dan zebra.

2.Batang

Kalian pasti sudah tahu bukan, hewan panda merupakan salah satu hewan yang dikenal suka dengan bambu sebagai makanannya. Bagian batang tumbuhan yang paling sering dikonsumsi adalah batang yang tidak berkambium contohnya batang padi ataupun jagung.

Baca Juga :

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

3.Buah

Bagian tanaman ini pastilah menjadi menu makanan yang paling sering dikonsumsi. Hampir kebanyakan jenis hewan mengonsumsi buah seperti monyet dan burung. Selain burung, ulat merupakan jenis hewan yang mengkonsumsi buah sebagai sumber makanannya.

4.Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber makanan yang dikonsumsi oleh burung. Selain burung, biji-bijian juga dikonsumsi oleh tupai yang memanfaatkan biji kenari sebagai sumber makanannya.

 

b. Sumber makanan dari Hewan

Beberapa jenis hewan merupakan sumber makanan bagi hewan lainnya. Hewan yang termasuk ke dalam golongan ini adalah sang Karnivora. Dan biasanya, hewan yang menjadi sumber makanan bagi hewan lain adalah hewan pemakan tumbuhan. Akan tetapi, ada juga hewan pemakan daging yang dimakan oleh pemakan daging lainnya.

Banyak bagian hewan yang bisa dimakan oleh hewan karnivora misalkan pada bagian daging, tulang, bahkan telurnya. Hewan-hewan kecil banyak yang menjadi mangsa bagi hewan yang lebih besar. Hewan yang bertubuh besar juga dapat menjadi makanan hewan lain. 

Contohnya: Singa yang memakan kijang, ular yang memakan tikus, lalu ada beruang yang memakan ikan, dan contoh lainnya.

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya