Home » Kongkow » Tematik » Rantai Makanan Beserta Contoh dalam Suatu Ekosistem Lingkungan Tema 5 Kelas 5 Sd

Rantai Makanan Beserta Contoh dalam Suatu Ekosistem Lingkungan Tema 5 Kelas 5 Sd

- Senin, 03 Januari 2022 | 16:00 WIB
Rantai Makanan Beserta Contoh dalam Suatu Ekosistem Lingkungan Tema 5 Kelas 5 Sd

Rantai makanan adalah rangkaian linear dari organisme yang saling memakan sehingga energi dan nutrisi berpindah dari satu ke yang berikutnya. 

Sekarang, mari kita melihat lebih dekat konsep dan aliran rantai makanan untuk memahami bagaimana energi dan nutrisi mengalir melalui ekosistem. 

Bagian dari Rantai makanan

Seperti disebutkan sebelumnya, rantai makanan adalah suatu sistem di mana nutrisi dan energi dialirkan dari satu organisme ke organisme lain. Sekarang mari kita melihat lebih dekat pada masing-masing bagian dari rantai makanan, mulai dari produsen dasar dan bergerak ke konsumen puncak.

a. Produsen

Rantai makanan dimulai dengan produsen utama di pangkalan yang dapat membuat makanan mereka sendiri. Organisme ini disebut autotrof. 

Mereka terdiri dari organisme seperti tanaman, ganggang, atau cyanobacteria, yang semuanya dapat menghasilkan makanan mereka sendiri menggunakan fotosintesis atau kemosintesis.

Baca juga: Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Tema 5 Kelas 5 Sd

b. Konsumen

Garis keturunan pertama dari organisme yang secara langsung memakan produsen primer disebut konsumen primer. Konsumen utama sebagian besar adalah herbivora, yaitu pemakan tumbuhan. Namun, dalam beberapa rantai makanan, mereka mungkin pemakan alga atau pemakan bakteri.

Berikutnya adalah organisme yang memakan konsumen primer, yang disebut konsumen sekunder. Konsumen sekunder adalah karnivora, yaitu pemakan daging.

Lalu datanglah organisme yang memakan ‘organisme yang memakan organisme’, yaitu, konsumen sekunder. Ini adalah konsumen tersier, yang memakan karnivora pemakan karnivora.

Beberapa rantai makanan memiliki level tambahan, seperti konsumen kuaterner, yang merupakan karnivora yang memakan konsumen tersier. Organisme ini biasanya berada di puncak rantai makanan dan tidak dimakan lebih lanjut oleh hewan lain. Ini sering disebut konsumen puncak.

c. Pengurai

Pengurai adalah organisme yang memakan bangkai dan memperoleh nutrisi dengan memecah bahan organik dalam bangkai atau kotoran. Sebagai kelompok, mereka memakan bangkai dan limbah yang berasal dari organisme lain di berbagai tingkat rantai makanan. 

Sebagai contoh, pengurai suka memakan bahan tanaman yang membusuk, bangkai kelinci yang setengah dimakan, atau sisa-sisa rusa yang diburu macan tutul. Dengan kata lain, level dekomposer berjalan paralel dengan hierarki standar produsen dan konsumen dalam rantai makanan khas.

Kelompok pengurai memainkan peran aktif dalam menjaga ekosistem tetap sehat. Ketika mereka memecah bahan mati dan produk limbah, mereka melepaskan nutrisi yang didaur ulang dan digunakan sebagai blok bangunan oleh produsen utama.

Baca juga: Metamorfosis atau Daur Hidup Hewan Tema 5 Kelas 5 Sd

Beberapa Contoh rantai Makanan

Untuk mengetahui beberapa jenis rantai makanan yang terdapat di dalam sebuah ekosistem, berikut ini beberapa contoh rantai makanan yang ada di beberapa ekosistem. :

1. Rantai Makanan yang Terdapat di Laut

Laut adalah salah satu ekosistem terbesar yang kaya akan beragam biota laut. Contoh rantai makanan yang terdapat di laut adalah :

Energi matahari --- fitoplankton --- zooplankton --- ikan kecil --- ikan besar --- dekomposer

2. Rantai Makanan yang Terdapat di Hutan

Selain laut, hutan juga merupakan ekosistem yang terdiri dari berbagai macam organisme. Contoh rantai makanan yang terdapat di hutan adalah :

Energi matahari --- tumbuhan berbiji --- burung pemakan biji --- ular --- musang --- dekomposer

3. Rantai Makanan yang Terdapat di Sawah

Meski termasuk ke dalam ekosistem buatan yang sebagain besar organismenya berperan sebagai produsen. Namun sawah juga berpeluang menarik beberapa organisme lain yang memiliki peran sebagai konsumen. Contoh rantai makanan yang terdapat di sawah adalah :

Energi matahari --- padi --- belalang --- burung --- ular --- elang --- dekomposer

4. Rantai makanan yang Terdapat di Danau

Sebagai ekosistem akuatik, danau juga memiliki banyak organisme yang mendiami dan hidup di danau tersebut. Contoh rantai makanan yang terdapat di danau adalah :

Energi matahari --- alga --- serangga --- kodok --- ular --- elang --- dekomposer

5. Rantai Makanan yang Terdapat di Kebun

Ekosistem kebun biasanya terdiri dari tanaman budidaya yang dapat menarik tumbuhnya vegetasi lain. Contoh rantai makanan yang terdapat di kebun adalah :

Energi matahari --- tanaman budidaya --- ulat --- belalang --- burung --- ular --- dekomposer.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya