999 +
0
48
0
Pengertian Reflexive Pronoun (Kata Ganti Diri) dan Contoh Kalimat
2 weeks 'ago'

Pengertian reflexive pronoun (kata ganti diri) dan Contoh Kalimat – Reflexive pronoun digunakan untuk merujuk pada objek yang menerangkan kembali pelaku atau subjek terkait. Dalam Bahasa Indonesia, kata ganti diri biasa diungkapkan dengan menambahkan kata sendiri di belakang kata yang dimaksud. Misalnya pada kalimat “Kerjakan saja PR kamu sendiri!”. Lalu bagaimana jika dalam Bahasa Inggris? Apakah cuku dengan menambahkan kata alone pada kata yang akan diganti? Materi yang mengulas masalah ini terdapat pada reflexive pronoun (kata ganti diri).

Ternyata, menyatakan kata ganti diri dalam Bahasa Inggris bukan dengan cara menambahkan kata alonesetelah kata yang akan diganti. Susunan kalimat yang benar adalah bukan Do your homewrok by you alone. Tetapi, susunan kalimat yang benar adalah Do your homewrok by yourself.

Reflexive Pronoun

Bagaimana penggunaan kata ganti diri (reflexive pronoun) dan contoh kalimat nya? Simak ulasan lebih lanjut tentang pengertian reflexive pronoun dan contoh kalimat yang diberikan pada uraian berikut.

Pengertian Reflexive Pronoun (Kata Ganti Diri)

Reflexive pronoun (kata ganti diri) adalah kata yang digunakan untuk mengganti noun dengan beberapa tujuan tertentu. Biasanya, tujuan umum penggunaan reflexive pronoun adalah untuk merefleksikan kembali noun yang digantikan. Bentuk kata reflexive pronouns ditandai dengan akhiran -self (tunggal) atau -selves (jamak).

Bentuk Kata Ganti Diri

Tujuan penggunaan reflexive pronoun pada kehidupan sehari-hari biasa digunakan untuk tujuan merefleksikan kembali, menggantikan kata alone, menyatakan pada saat subjek dan objek adalah hal yang sama, menegaskan orang yang dicerminkan.

Terdapat 8 bentuk kata refelexive pronoun. Kedelapan kata ganti diri tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu untuk possessive adjective dan objective personal pronoun.

Untuk possessive adjective, bentuk kata ganti diri dapat dilihat sereti pada tabel.

Reflexive Pronoun untuk adjective possessive

Untuk objective personal pronoun, bentuk kata ganti diri dapat dilihat sereti pada tabel.

Reflexive Pronoun untuk objective personal pronoun

Contoh Kalimt xdengan Reflexive Pronoun (Kata Ganti Diri)

Poin penting dari menyusun kalimat yang terdapat kata dengan reflexive pronoun adalah memperhatikan bentuk kata yang diganti. Gunakan akhiran –self untuk bentuk singular seperti my, his, her, dan its. Untuk bentuk plural seperti our dan their gunakan akhiran –selves.

Sedangkan untuk your, dapat digunakan untuk singular atau plural. Sehingga dapat menggunakan –selfatau –selves. Tergantung arti dari your tersebut merujuk pada arti singular atau plural.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang terdapat kata ganti diri:

  1. I look at myself in the mirror. (Saya melihat diri saya sendiri di kaca.)
  2. Be careful with that knife! You might cut yourself. Hati-hati dengan pisau itu! Kamu mungkin akan memotong dirimu sendiri.)
  3. We can finish it by ourselves. (Kita dapat menyelesaikan itu oleh kita sendiri.)
  4. She drives the car herself. (Dia mengendarai mobinya sendiri.)
  5. He sends a picture to himself. (Dia mengirim foto untuk dirinya sendiri.)
  6. The children made the cake in the kitchen by themselves. (Anak-anak membuat kue di dapur oleh mereka sendiri.)

Sekian ulasan materi tentang kata ganti diri (reflexive pronoun), Terimakasih semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow