999 +
0
57
0
Kata Ganti Orang (Personal Pronoun)
2 weeks 'ago'

Personal Pronoun (Kata Ganti Orang) perlu dipelajari agar dapat menyusunan kalimat dalam menyatakan sebuah percakapan yang melibatkan beberapa orang dengan benar. Saat melakukan percapakan pada umumnya, dalam bahasa apaun, akan ada tiga posisi orang yang terlibat dalam sebuah percakapan. Ketiga posisi tersebut adalah orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga. Dalam Bahasa Inggris, materi yang membahas penyebutan orang dalam tiga posisi yang berbeda dipelajari dalam personal pronoun atau kata ganti orang.

Personal pronoun atau kata ganti orang merupakan kata ganti yang digunakan untuk menggantikan nama orang, binatang, atau benda dalam sebuah pembicaraan. Seperti yang telah disebutkan pada paragraf di atas, ada tiga posisi yang terlibat dalam sebuah pembicaraan. Sehingga, ada tiga jenis personal pronoun, yaitu first person pronoun (kata ganti orang pertama), second person pronoun (kata ganti orang kedua), dan third person pronoun (kata ganti orang ketiga).

Kata Ganti Orang (Personal Pronoun)

Penngunaan kata ganti perlu dilakukan secara tepat agar susunan kalimat yang dibentuk sesuai dengan aturan yang diberikan. Misalnya, cara menyusun kalimat untuk menyatakan Aku ingin bergabung dengan mereka dalam Bahasa Inggris. Ungkapan penggunaan kata ganti yang salah untuk contoh kalimat tersebut adalah I want to join they. Di mana salahnya? Bagaimana susunan kalimat yang benar? Simak ulasannya materi penggunaan kata ganti yang tepat pada uraian materi di bawah.

Jenis Kata Ganti Orang I, II, dan III

Ada tiga jenis kata ganti orang (personal pronoun) yang meliputi kata ganti orang pertama, kedua, dan ketiga. Keterangan untuk masing-masing jenis kata ganti tersebut dapat disimak pada uraian di bawah.

  1. First Person Pronoun (Kata Ganti Orang Pertama)

    Kata ganti orang pertama adalah kata ganti yang menunjuk pada pembicara (speaker), atau orang yang sedang berbicara. Subjek yang termasuk ke dalam kata ganti orang pertama adalah I/me(saya) dan we/us (kita).

    Contoh kalimat:

    • I study hard to get the best score. (Saya belajar keras untuk mendapatkan nilai terbaik.)
    • She want to go to school with me. (Dia ingin pergi ke sekolah bersama saya.)
    • We need to take a rest. (Kita butuh istirahat.)
    • They don’t want to join us. (Mereka tidak ingin bergabung dengan kita.)
  2. Second Person Pronoun (Kata Ganti Orang Kedua)

    Kata ganti orang ke daua adalah kata ganti yang menunjuk pada pendengar (listener) atau orang yang sedang diajak bicara. Subjek yang termasuk ke dalam kata ganti orang ke dua adalah you (kamu).

    Contoh kalimat:

    • You will bring my car. (Kamu akan membawa mobil saya.)
    • They need you. (Mereka membutuhkan kamu.)
  3. Third Person Pronoun (Kata Ganti Orang Ketiga)

    Kata ganti orang ketiga adalah kata ganti yang menunjuk pada orang, hewan, atau benda yang sedang dibicarakan oleh orang pertama dan orang kedua. Subjek yang termasuk dalam kata ganti orang ketiga adalah He/Him (dia laki-laki), She/Her (dia perempuan), It (itu, menunjuk hewan/benda), dan They/Them (Mereka).

    Contoh kalimat:

    • Jonathan will come here. He will bring new motorcycle. (Jonathan akan datang ke sini. Dia akan membawa motor baru.)
    • Jonathan is a nice boy. Everyone likes him. (Jonathan adalah seorang laki-laki baik. Semua orang menyukai dia.)
    • Jessica will come to the party tonight. She will wear the best dress. (Jessica akan datang ke pesta nanti malam. Dia akan mengenakan gaun terbaik.)
    • Jessica will come to the party tonight. So, I will pick up her. (Jessica akan datang ke pesta nanti malam. Jadi, saya akan menjemputnya.)
    • It will be nice. (Itu akan menjadi baik.)
    • They want to keep it well. (Mereka ingin menjaga itu dengan baik.)
    • They will bring an umberlla because today will be rain. (Mereka akan membawa payung karena hari ini akan hujan.)
    • I want to join them. (Saya ingin bergabung dengan mereka.)

Bentuk Kata Ganti (Nominative dan Objective)

Berdasarkan fungsinya dalam kalimat, personal pronoun dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu nominative pronoun dan objective pronoun. Simak ulasan perbedaan dari dua jenis bentuk kata ganti tersebut pada pembahasan di bawah.

  1. Nominative Pronoun

    Nominative Pronoun digunakan saat personal pronoun berfungsi sebagai subjek dalam sebuah kalimat. Contoh kalimat dengan nominative pronoun adalah:

    • I like cook fired rice. (Saya suka memasak nasi goreng.)
    • She will come to my house. (Dia akan datang ke rumah saya.)
  2. Objective Pronoun

    Objective Pronoun digunakan apabila personal pronoun berfungsi sebagai objek dalam sebuah kalimat. Contoh kalimat dengan objective pronoun dapat dilihat seperti berikut.

    • They look at me. (Mereka memandangku.)
    • Amanda will join to the party to congratulate them. (Amanda akan bergabung ke pesta untuk memberi selamat mereka.)

Demikianlah ulasan tentang nominative pronoun dan objective pronoun.

Untuk memudahkan kalian dalam memetakan penggunaan personal pronoun. Berikut ini disajikan tabel personal pronoun dengan yang telah diklasifikasi untuk jenis kata ganti orang, serta bentuk subjek (nominative) dan objek (objective).

Jenis Kata Ganti Orang

Demikianlah tadi ulasan tentang kata ganti orang (personal pronoun), meliputi first person pronoun, second person pronoun, dan thrid person pronoun. Terimakasih semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow