Home » Kongkow » Kimia » Senyawa Pembentuk Larutan Elektrolit

Senyawa Pembentuk Larutan Elektrolit

- Rabu, 09 Maret 2022 | 14:00 WIB
Senyawa Pembentuk Larutan Elektrolit

Seperti yang sudah dijeaskan di awal bahwa suatu larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik itu dikarenakan mengandung ion-ion. Lalu bagaimanakah proses terjadinya ion-ion dari senyawa ion dan senyawa kovalen?

Senyawa pembentuk larutan eektrolit merupakan senyawa yang didalam larutannya bisa menghantarkan arus listrik berupa senyawa ion dan senyawa kovalen.

Senyawa ion

Senyawa ion mempunyai susunan dari berberapa ion yang memiliki bentuk padat serta kering. Senyawa ion merupakan zat elektrolit, sebab jika larut dalam air dapat menghasilkan ion-ion. Ion-ion penyusun senyawa ion dalam pelarutnya akan bergerak bebas sehingga larutan ion bisa menghantarkan arus listrik.

Baca Juga :

Kekuatan Larutan Elektrolit

Daya Hantar Listrik Suatu Larutan

Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit (Komponen Larutan)

Salah satu contoh dari senyawa ion adalah NaCl.

Bagaimana proses hidrasi senyawa ion?

Jika kristal NaCl dilarutkan ke dalam air, maka ikatan ion positif Na+ dan ion negatif Cl- terputus dan ion-ion itu berinteraksi dengan molekul air. Ion-ion ini dikeilingi oleh molekul air. Peristiwa ini disebut hidrasi. Nahh dalam keadaan terhidrasi, ion-ion bebas bergerak di seluruh bagian larutan.

pelarutan NaCl dalam air dinyatakan dengan persamaan di bawah ini.

Beberapa contoh reaksi ionisasi diantaranya KCL, Na2SO4, dan NH4Cl.

Senyawa ion yang berbentuk kristal, ion-ion-nya tidak bisa bergerak bebas sehingga tidak bisa menghantarkan arus listrik. Beberapa contoh diantaranya NaCl, KCl, NaOH dan KOH.

elektrolit(1).jpg" style="height:467px; width:500px" />

Senyawa Kovalen

Senyawa kovalen adalah senyawa yang atom-atomnya bergabung mealui ikatan kovalen. Senyawa kovalen polar terbentuk karena dua atom yang bergabung mempunyai perbedaan keelektronegatifan. Senyawa kovalen polar jika dilarutkan didalam air, maka akan terurai berubah menjadi ion-ion. Hal ini dikarenakan oleh ikatan kovalen pada senyawa tersebut mudah putus didalam pelarut air serta menghasilkan ion-ion. Sabagai contoh asam klorida (HCl), Amonia (NH3) dan asam cuka (CH3COOH).

Senyawa-senyawa ini jika dalam bentuk murni bukanlah penghantar listrik yang baik. Namun jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan yang dapat menghantarkan listrik.

Beberapa senyawa kovalen polar dapat terionisasi, tetapi tidak sempurna. Hal ini dikarenakan pada saat pelarutan hanya menghasilkan sedikit ion, sehingga dikatakan sebagai larutan elektrolit lemah. Contoh HNO2 dan CH3COOH.

Nahh itulah diatas penjelasan mengenai senyawa pembentuk larutan elektrolit yang terdiri atas Senyawa Ion dan Senyawa Kovalen. Jangan berheni disini yah otakers, kalian bisa lihat artike materi lainnya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya