Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Produk yang Dihasilkan dari Buah Kelapa

Produk yang Dihasilkan dari Buah Kelapa

- Jumat, 07 Februari 2020 | 12:00 WIB
Produk yang Dihasilkan dari Buah Kelapa

Buah kelapa merupakan komoditas yang masih kurang dikembangkan secara optimal oleh pertanian Indonesia. Padahal, kelapa dapat diolah menjadi berbagai jenis produk yang bernilai ekonomis jika dijual. Berikut ini beberapa produk yang dihasilkan dari buah kelapa.

produk buah kelapa

Kopra

Kopra dibuat melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pengupasan sabut, lalu dilanjutkan dengan pembelahan kelapa butiran dan pengeringan. Kelapa-kelapa yang akan dijadikan kopra harus disimpan terlebih dahulu selama beberapa hari. Selanjutnya, kelapa baru dikupas sabutnya menggunakan alat yang terbuat dari besi linggis.

Kelapa yang sudah terkupas akan dibelah menjadi dua bagian dan airnya ditampung untuk menghasilkan produk lain. Daging buah kelapa harus dikeringkan agar kualitas kopra tetap terjaga karena daging buah tidak mengalami kerusakan. Kopra digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa dengan cara kering.

Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis komoditas ekspor terbesar yang dihasilkan dari produk turunan buah kelapa. Ada tiga metode pengolahan minyak kelapa, yaitu metode basah, ekspresi, dan ekstrasi minyak dengan solvent.

Kelapa parut kering

Kepala parut kering didapatkan dari daging buah kelapa yang dihasilkan dengan cara higienis. Kelapa parut kering sering dimanfatkan untuk berbagai jenis produk makanan, seperti tepung kelapa, krim kelapa, toasted coconut, manisan kelapa, dan coconut chips.

Arang tempurung kelapa

Arang tempurung kelapa adalah salah satu produk olahan kelapa yang sangat berpotensi diolah menjadi bahan yang mengandung karbon aktif. Kini, penggunaan karbon aktif sedang tren sehingga penggunaannya dapat Anda jumpai pada berbagai bidang industri, mulai dari industri kecantikan, makanan, obat, hingga sabun.

Serat sabut kelapa

Biasanya serat sabut kelapa diolah secara tradisonal untuk membuat keset, sapu, dan tali. Namun, kini pengolahan serat sabut kelapa sudah dikerjakan oleh mesin modern.

Gula kelapa

Gula kelapa merupakan hasil diversifikasi dari buah kelapa. Gula dibuat dari nira kelapa. Sayangnya, penggunaan nira sebagai bahan baku pembuatan gula kelapa masih sedikit. Padahal, nilai ekspor dari gula kelapa cukup menjanjikan. Gula kelapa merupakan hasil dari proses penguapan air nira.

Cari Artikel Lainnya