Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik disebut

Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik disebut

- Jumat, 15 Juli 2022 | 15:00 WIB
Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik disebut

Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik disebut penyerbukan.

Pembahasan

Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Penyerbukan yang juga biasa disebut dengan polinasi merupakan bagian penting dari proses reproduksi tumbuhan berbiji. Hal ini dikarenakan pada tumbuhan generative memiliki alat perkembangbiakan berupa putik (betina) dan benang sari (jantan). 

Nah, dengan penyerbukan yang berhasil proses selanjutnya akan diikuti dengan tumbuhnya buluh serbuk yang memasuki saluran putik menuju bakal biji. Dan di bakal biji inilah proses pembuahan terjadi.

Ada beberapa macam penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan. Secara umum, klasifikasi penyerbukan dapat dibedakan berdasarkan asal serbuk sari dan perantaranya.

Macam – macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari dibedakan menjadi 4 kelompok, yaitu penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitonogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hibridogami).

Sedangkan apabila berdasarkan perantaranya penyerbukan terbagi dalam 4 kelompok, yaitu penyerbukan oleh perantara hewan, air, angin, dan manusia.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya