Home » Kongkow » Biologi » Apa yang Dimaksud Penyerbukan Tetangga?

Apa yang Dimaksud Penyerbukan Tetangga?

- Jumat, 06 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Apa yang Dimaksud Penyerbukan Tetangga?

Penyerbukan tetangga adalah penyerbukan yang dapat terjadi apabila serbuk sari  yang jatuh atau menempel pada putik berasal dari bunga yang lain tetapi masih dalam satu tumbuhan itu juga (masih dalam satu ekosistem). Sederhananya serbuk sari yang jatuh ke kepala outik pada Bungan lain namun bunga tersebut masih dalam tumbuhan yang sama (dalam satu pohon).

Penyerbukan ini dikatakan sebagai penyerbukan tetangga karena bunga jantan dan bunga betina tidak berada pada bunga yang sama, artinya membutuhkan dua bunga dalam satu tumbuhan dalam proses penyerbukannya.

Penyerbukan tetangga ini terjadi saat bunga terbuka (bunga tidak dalam kondisi kuncup atau tertutup). Jadi penyerbukan tetangga ini dikenal juga sebagai penyerbukan terbuka karena serbuk sari bisa berasal dari berbagai bunga secara bebas. Perkawinan melalui penyerbukan terbuka dikenal dengan kasmogami.

Penyerbukan terbuka dapat terjadi apabila putik dan serbuk sari masak setelah bunga mekar (anthesis) pada waktu yang bersamaan. Penyerbukan ini dapat terjadi baik di antara putik dan serbuk sari bunga yang sama maupun berbeda. Penyerbukan tetangga ini biasanya juga masuk dalam penyerbukan silang.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan tetangga antara lain adalah jagung, padi, kelapa, kelapa sawit, mawar merah, mawar putih, dan lain-lain.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya