Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Pengikisan permukaan kulit bumi karena aliran air, angin, dan es disebut

Pengikisan permukaan kulit bumi karena aliran air, angin, dan es disebut

- Jumat, 10 Juni 2022 | 13:00 WIB
Pengikisan permukaan kulit bumi karena aliran air, angin, dan es disebut

Pengikisan permukaan kulit bumi karena aliran air, angin, dan es disebut Erosi.

Erosi merupakan suatu pristiwa pengikisan atau pengangkutan material - material hasil dari pelapukan batuan. Dikatakan erosi alamiah atau erosi geologis bilamana material hasil pelapukan batuan tersebut diangkut atau terkikis oleh angin atau atau air. 

Erosi alamiah atau erosi geologis ini tidak mengakibatkan masalah yang hebat atau tidak menimbulkan kerusakan yang parah pada lingkungan. Erosi geologis ini merupakan suatu bentuk penyeimbang dari proses pelapukan batuan yang terjadi.

Macam-macam Erosi

a. Erosi yang disebabkan oleh air

Jenis erosi yang diakibatkan oleh air dapat digolongkan menjadi beberapa jenis erosi diantaranya erosi percikan, erosi permukaan, erosi alur, erosi parit, erosi tebing sungai, erosi air terjun dan erosi gelombang air laut.

b. Erosi yang disebabkan oleh angin

Erosi tanah yang disebabkan oleh angin ini terjadi pada daerah yang kering contohnya seperti pada daerah gurun pasir akan mudah terjadi erosi oleh angin ini. 

c. Erosi yang diakibatkan oleh gletsyer

Erosi ini diakibatkan oleh tenaga yang berasal dari gletsyer. Di daerah kutub - kutub atau daerah pegunungan yang tinggi tumpukan es atau salju akan mencair dan turun akan mengikis tanah dan bebatuan yang dilaluinya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya