Home » Kongkow » Biologi » Mulut Manusia : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Gangguan Mulut

Mulut Manusia : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Gangguan Mulut

- Rabu, 17 Februari 2021 | 11:00 WIB
Mulut Manusia : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Gangguan Mulut

Pengertian mulut ialah tempat di mana awal mula  makanan mulai masuk kedalam tubuh ataupun di mana pencernaan dimulai (lihat sistem pencernaan). Mulut merupakan awal mula sebuah  proses pencernaan makanan, didalam sebuah mulut juga ada proses kimiawi oleh air ludah atu liur yang kemudian menuju ke lambung melewati  kerongkongan.

Mulut juga  memiliki salah satu fungsi penghalus makanan,yaitu  karena terdapat gigi, lidah dan juga air liur sebagai pelumat bagi makanan. Selain berguna sebagai anggota pencernaan, mulut juga dapat berguna sebagai alat berbicara pada manusia. Manusia dapat berkomunikasi dengan melalu mulut.

Pada setiap harinya kita sangat perlu membutuhkan mulut. Mulut berguna sebagai alat untuk kehidupan sehari-hari manusia misalnya minum, makan, bicara, mengunyah dan juga  lain-lain. Ada beberapa bagian di dalam mulut dibawah ini yang nanti akan kita bahas.

Dalam kehidupan sehari-hari mulut sangat berperan aktif pada segala aktifitas bagi  manusia. Fungsi utamanya yaitu ialah berkumunikasi di antara orang-orang banyak dan juga  berbicara. Selain berbicara juga berfungsi untuk bernyanyi, setiap orangpun memiliki suara yang berbeda-beda.

Fungsi-Mulut-Manusia-:-Pengertian,-Fungsi,-Bagian-dan-Gangguan-Mulut

Fungsi Mulut

Berikut ini adalah fungsi tubuh manusia antara lain:

    -Sebagai alat berbicara atau komunikasi

    -Salah satu bagian dari sistem untuk pencernaan

    -Sebagi Penafasan selain juga  hidung

    -Untuk Mengunyah dan menghaluskan makanan

     -Untuk Merasakan sebuah makanan atau minuman.

    -Menelan makanan

    -Tempat pertama untuk makanan masuk pada pencernaan

Bagian-Bagian Mulut

Berikut ini adalah bagian-bagian mulut antara lain yaitu:

  1. Mulut

Dua struktur seluler ataupun otot yang membentuk pintu masuk untuk  ke mulut. Bibir menandai perubahan dari kulit membran mukosa lembab.

  1. Gigi

Gigi digunakan agar untuk menghaluskan makanan pada setiap makanan masuk ke mulut. Cara Penghalusannya menurut para teori 21 kali pengunyahan agar halus. Tetapi jika makanan yang sedikit lembek atau lunak maka akan cepat halus.

  1. Lidah

Lidah berfungsi agar  untuk melumat semua makanan yang masuk dan juga  sebagai indra perasa. Tanpa lidah kita tidak akan dapat pernah merasakan lezatnya sebuah makanan.

  1. Gusi

Terdiri dari berbagai jaringan fibrosa atau padat yang melapisi lengkungan alveolar dan juga pelukan gigi. Gusi adalah langit-langit mulut guna tempat wadahnya makanan.

  1. Langit-langit Mulut

Langit-langit,membentuk langit-langit mulut untuk memisahkan mulut dari daerah rongga hidung. Langit-langit terdiri dari dua bagian yaitu yang sangat berbeda. Selama menelan, langit-langit lunak dan juga uvula bergerak ke arah atas agar makanan tidak otamatis langsung masuk ke daerah rongga hidung dan ke orofaring.

  1. Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah ialah kelenjar kecil, dapat ditemukan di banyak bagian daerah mulut, yang menghasilkan air liur. Semuanya terletak di bawah bagian selaput lendir. Kelenjar ludah terbesar ialah  kelenjar parotid yang terletak pada bagian setiap sisi mulut, hanya di depan telinga.

Gangguan Mulut

Berikut ini ialah beberapa gangguan mulut yang sering terjadi antara lain:

  1.     Infeksi mulut seperti sariawan, herpes (sakit sariawan) atau juga tonsilitis
  2.     Halitosis (bau mulut)
  3.     Sindrom mulut kering
  4.     ulkus mulut
  5.     kanker mulut
  6.     Sumbing dan bibir sumbing
  7.     Masalah Tongue seperti permukaan retak atau dilapisi
  8.     Masalah gigi seperti karies gigi (gigi berlubang) atau dampak gigi bungsu

Sehingga kita harus sering sering  menjaga kesehatan didalam mulut dengan cara  menggosok gigi sebelum tidur, membersihkan kerang gigi, banyak mengkonsumsi vitamin C. karena mulut adalah sebuah asset tubuh manusia yang paling  berharga.

Mulut juga berkaitannya serupa dengan telinga. Terkadang orang yang tidak dapat berbicara maka dia akan mengalami gangguan pada pendengaran.

Demikian Pembahasan yang menarik mengenai tentang fungsi mulut pada bagian tubuh manusia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi kita serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan juga banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

demikianlah artikel penjelasan mengenai Fungsi Mulut Manusia : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Gangguan Mulut, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya