Home » Kongkow » Tips & Trik » Menurut WHO, Ini Panduan Belanja Aman di Pasar saat Pandemi

Menurut WHO, Ini Panduan Belanja Aman di Pasar saat Pandemi

- Kamis, 21 Mei 2020 | 11:57 WIB
Menurut WHO, Ini Panduan Belanja Aman di Pasar saat Pandemi

Tidak selamanya belanja bisa melalui online. Ada kalanya harus mendatangi pasar, terutama saat menjelang Hari Raya seperti ini. Di tengah pandemi, berikut panduan belanja aman di pasar. Pandemi covid-19 belum terlihat ujungnya. Sejauh ini, kita semua masih harus membentengi diri sendiri agar tetap sehat dan aman dari paparan virus tersebut. Sudah ada panduan dalam membersihkan diri maupun membersihkan barang serta makanan sebelum dikonsumsi. Yang terbaru, WHO mengeluarkan cara berbelanja aman di pasar terutama di tengah pandemi seperti ini. Inilah langkah saat harus belanja di pasar atau di supermarket menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

1. Saat belanja di pasar tradisional, tetap jaga jarak

1. Saat belanja <a href=pasar tradisional, tetap jaga jarak" src="https://cdn.popmama.com/content-images/post/20181213/img-13122018-200514-800-x-420-pixel-1f7e0b83fc7f869ca39d448e10345614.jpg" style="height:263px; width:500px" />

Social distancing atau jaga jarak tetap harus diterapkan di mana-mana, termasuk di pasar tradisional. Jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Selain itu, gunakan masker dan hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung selama berbelanja. 

2. Bersihkan tangan setelah menyentuh barang tertentu

2. Bersihkan tangan setelah menyentuh barang tertentu

Sebelum belanja, pastikan untuk membawa alat kebersihan diri seperti tisu basah atau hand sanitizer. Jadi saat belanja dan menyentuh barang tertentu, bisa langsung membersihkan tanganmu. Menurut WHO, upayakan untuk memberihkan tangan setelah menyentuh pangan mentah yang berasal dari hewan. Selain itu, saat menyentuh uang, pastikan untuk mencuci tangan setelahnya.

3. Hindari menyentuh hewan yang masih hidup

3. Hindari menyentuh hewan masih hidup

Di kebun binatang AS, ada sekeluarga harimau yang terjangkit virus corona. Ini mematahkan teori bahwa virus corona tidak bisa berpindah dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Karena ada kemungkinan penularan dari hewan ke manusia, hindari menyentuh hewan yang masih hidup. Di pasar, biasanya ayam kampung dibiarkan hidup sampai ada yang mau membeli barulah dipotong. Jika ingin memilih ayam, cukup menggunakan mata dan tunjuk saja dari jauh. Dengan begitu, kemungkinan kamu terpapar virus jadi lebih kecil.  Yang tak kalah penting adalah, jangan membeli hewan liar. Di beberapa daerah di Indonesia masih ada jual beli hewan liar. Ini bisa jadi salah satu cara virus corona menyebar lebih luas. 

4. Bersihkan troli saat belanja di supermarket

4. Bersihkan troli saat belanja supermarket

Kamu tidak tahu siapa saja yang sudah memegang troli sebelumnya. Oleh karena itu, WHO menganjurkan untuk membersihkannya sebelum menyentuhnya. "Jika memungkinkan, bersihkan pegangan troli atau keranjang belanja sebelum digunakan," demikian tulis WHO. Kamu bisa membersihkannya menggunakan tisu yang sudah diberikan hand sanitizer. Cara yang lebih ringkas adalah menggunakan tisu basah yang mengandung antiseptik. Setelah dibersihkan dengan tisu basah, lap kembali dengan menggunakan tisu kering. Troli pun siap digunakan. 

5. Cara membersihkan diri setelah belanja di pasar
5. Cara membersihkan diri setelah belanja pasar

Karena dari luar, tentu ada protokol tersendiri saat kembali ke rumah. Terlebih jika kamu kembali sambil membawa bahan makanan. WHO menyarankan untuk mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun. Jadikan ini hal pertama yang dilakukan sesampainya di rumah. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan selama setidaknya 60 detik. Kemudian, keluarkan bahan makanan dan simpan dengan tepat. Bersihkan dahulu jika bungkusnya memungkinkan untuk dibersihkan. Untuk sayur mayur, cuci dan keringkan sebelum masuk ke dalam kulkas. Agar lebih mudah, potong dan bagikan sesuai porsi agar masak lebih ringkas. 

Setelah memasukkan semua makanan ke tempatnya, bersihkan permukaan dapur dengan air dan sabun. Yang terakhir, bersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun. Juga, pastikan untuk mencuci langsung baju yang digunakan untuk pergi ke luar rumah. Saat harus ke luar rumah, selalu terapkan protokol keamanan dan kebersihan yang ketat agar rumah bisa tetap bebas dari virus corona. Tetap sehat, ya!

Cari Artikel Lainnya