Home » Kongkow » Ekonomi » Ciri-ciri Pasar Bebas

Ciri-ciri Pasar Bebas

- Senin, 27 Desember 2021 | 17:00 WIB
Ciri-ciri Pasar Bebas

Pasar bebas adalah pasar ideal, di mana seluruh keputusan ekonomi dan aksi oleh individu yang berhubungan dengan uang, barang, dan jasa adalah sukarela. Pasar bebas diadvokasikan oleh pengusul ekonomi liberalisme.

Baca juga: Apa yang dimaksud dengan pasar bebas?

Ciri-Ciri Terjadinya Pasar Bebas

Mengetahui tujuan pasar saja tidak cukup. Barangkali kamu penasaran ciri dari pasar bebas? Langsung saja kita intip ciri-cirinya di bawah ini. 

1. Kepemilikan alat dan sumber produksi bebas dimiliki oleh semua pihak

 

Sebenarnya pelaku pasar bebas itu terbuka oleh siapa saja. Bisa dijalankan oleh komunitas, individual atau bisa juga dijalankan oleh pihak perusahaan. 

2. Terjadi Pembagian Kelas dalam Perekonomian Masyarakat

Ciri yang paling menonjol dari pasar bebas ternyata diklasifikan berdasarkan beberapa kelas. Ada yang dibedakan berdasarkan kelas pekerja dan kelas pemilik modal. Nah, kamu bisa memilih salah satu tergantung batas kemampuan dan keinginan kamu.  

3. Adanya Persaingan untuk mendapatkan Keuntungan

Yang namanya bisnis, tentu saja ada yang nama nya persaingan. Persaingan inilah yang secara tidak langsung akan mendorong pelaku untuk lebih semangat, disiplin dan berhati-hati dalam menjalankan bisnis di pasar bebas. 

4. Campur Tangan Pemerintah Terbatas

Jika bisnis lokal, ada beberapa yang sangat ketat dan diawasi langsung oleh pemerintah. Nah, pada pasar bebas pemerintah memiliki batasan untuk ikut campur dalam kegiatan ekonomi. 

Itulah beberapa ciri pasar bebas ya otakers semoga bisa bermanfaat.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya