Home » Kongkow » Ekonomi » Proses Terbentuknya Harga Pasar

Proses Terbentuknya Harga Pasar

- Senin, 15 November 2021 | 16:41 WIB
Proses Terbentuknya Harga Pasar

Harga adalah suatu nilai yang harus di keluarkan oleh pembeli untuk mendapatkan barang atau jasa yang memiliki nilai guna beserta pelayanannya. 

Harga pasar adalah harga ekonomi dari suatu barang atau jasa yang ditawarkan di pasaran. Teori ekonomi berpendapat bahwa harga pasar bertemu pada titik di mana kekuatan penawaran dan permintaan bertemu. Perbedaan pada sisi penawaran atau sisi permintaan dapat menyebabkan harga pasar untuk suatu barang atau jasa dievaluasi kembali dan diubah.

Baca juga: Fungsi dan Macam-macam Pasar

Proses terbentuknya harga pasar merupakan proses mekanisme pasar atau proses tawar menawar antara kekuatan dari permintaan oleh konsumen dengan kekuatan penawaran oleh produsen. Metode penetapan harga dapat dikelompokkan menjadi empat kategori utama, yaitu metode penetapan harga berbasis permintaan, berbasisi biaya, berbasis laba, dan berbasis persaingan.

Baca juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Bagaimana proses proses terbentuknya harga?

Faktor terpenting dalam pembentukan sebuah harga yaitu kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan dan penawaran akan berada dalam keseimbangan pada harga pasar bila jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. bisa disimpulkan bahwa suatu proses terbentuknya harga pasar bila terdapat hal-hal yang ada dibawah berkut ini :

  • Antara penjual dan pembeli terjadi suatu proses tawar-menawar.

  • Adanya suatu kesepakatan harga ketika jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.

Kebijaksanaan harga maksimum mengakibatkan terjadinya kelebihan permintaan. Hal ini bisa menciptakan pasar gelap, yakni suatu kegiatan jual beli yang dilakukan tidak secara terbuka dan bertentangan dengan kebijakan harga maksimum yang dilaksanakan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya