Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Macam-macam Karya Seni Rupa Terapan

Macam-macam Karya Seni Rupa Terapan

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 05:00 WIB
Macam-macam Karya Seni Rupa Terapan

Macam-Macan seni Rupa Terapan

Untuk macam-macam seni rupa terapan sendiri memiliki begitu banyak contohnya. Bahkan saking banyaknya sulit sekali dipastikan berapa tepatnya jumlahnya. Untuk memudahkan para pembaca memahami tulisan ini maka penulis berusaha menjelaskan secara garis besar dari sebuah karya seni yang termasuk dalam seni rupa terapan ini.

1. Seni Kriya

Salah satu jenis karya seni rupa terapan adalah seni kriya yang disebut juga kerajinan. Seni kriya biasanya dibuat menggunakan keterampilan atau skill tangan (hand skill). Karya seni satu ini selain menggunakan kecekatan dan keterampilan tangan juga membutuhkan kreativitas agar hasil jadi karya ini tetap memperlihatkan unsur atau aspek fungsional/ kegunaan namun bersamaan juga dengan aspek keindahan karya seni tersebut.

Contoh Seni Kriya adalah seperti seni ukir kayu, seni pahat batu, seni kriya logam, seni keramik, seni tekstil, seni anyaman bambu dan masih banyak lagi.

2. Seni Arsitektur (Bangunan)

Seni arsitektur adalah suatu karya seni rupa dimana para seniman atau pembuat seni ini membuat suatu rancangan pembangunan ruang atau bangunan. Berdasarkan hal ini seni arsitektur sendiri sangat dibutuhkan untuk membangun dan membentuk suatu bangunan tertentu baik dengan ukuran kecil maupun besar misal rumah dan gedung.

Baca Juga :

Karya Seni Rupa Terapan

Biasanya seni asitektur banyak dipakai dalam perancangan bangunan besar seperti gedung-gedung pencakar langit, sebuah monumen, menara-menara tinggi, jembatan dan lain sebagainya. Dari seni arsitektur tersebut menjadikan segala sesuatu dalam membangun pun lebih struktural dan estetis pastinya.

Contoh karya seni rupa arsitektur adalah Menara Eiffel di Paris, Taj Mahal di India, Candi Borobudur di Indonesia, tembok besar China.

3. Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi adalah salah satu jenis karya seni yang berbentuk atau berupa suatu gambar maupun sebuah foto yang berfungsi menerangkan sebuah kejadian maupun suatu peristiwa.

Pemakaian dari seni ilustrasi pada umumnya dimanfaatkan untuk mengabadikan sebuah momen atau peristiwa penting dan juga untuk membantu menggambar suatu cerita peristiwa secara singkat menjadi satu gambar.

4. Seni Grafis

Selanjutnya adalah seni grafis, salah satu seni rupa yang merupakan kaya yang mana pembuatannya menggunakan atau melalui proses percetakan untuk membentuk hasil karya seninya. Media yang digunakan dalam seni rupa terapan ini biasanya cukup menggunakan kertas. Pada seni grafis ini biasanya proses pencetakan menggunakan bahan cat atau lain sebagainya.

Contoh Seni Grafis adalah pembuatan banner, logo, brosur iklan maupun media cetak yang lainnya.

5. Seni Dekorasi

Seni dekorasi adalah salah satu bagian dari seni rupa terapan tentang cara kita menghias atau memperindah suatu bangunan, benda, atau objek-objek yang lainnya sesuai selera dan harapan kita. Fungsinya pun agar kita merasa nyaman, selain fungsi kegunaan yang kita dapatkan ketika menggunakan maupun beraktivitas di ruangan tersebut.

Contoh seni dekorasi adalah menghias ruangan, dekorasi tempat pernikahan, dan dekorasi acara kampus, dll.

Contoh Seni Rupa Terapan

Berikut ini contoh-contoh karya seni rupa terapan beserta gambar:

Anyaman

Image: tokopedia.com

Seni anyaman sendiri sebenarnya merupakan salah satu hasil karya seni kriya. Seni anyaman biasanya berupa atau berasal dari seni merakit serat alami tumbuhan namun kini juga biasanya memakai bahan serat sintetis. Bahan serat dari tumbuhan biasanya seperti, bambu, rotan, serabut kelapa dan akar pepohonan yang dikeringkan sebelumnya. Sedangkan untuk bahan sintetis seperti plastik atau kulit buatan.

Dari serat tersebutlah kemudian dianyam hingga membentuk benda-benda yang memiliki fungsi kegunaan dan bernilai estetika yang tinggi. Contoh dari seni anyaman ini adalah keset,sapu, kursi anyaman rotan, keranjang, dan lain-lain.

Seni Batik

Image: goodnewsfromindonesia

Batik adalah hasil karya seni rupa populer dan ikonik dari Indonesia yang sudah mendapat pengakuan oleh badan internasional UNESCO sebagai warisan budaya leluhur nusantara.

Batik merupakan salah satu jenis seni grafis tradisional dalam seni terapan yang mana menggunakan media kain sebagai bahan dasar dan zat pewarna dari alam guna mempercantik tampilan unsur batik itu sendiri.

Seni Ukir atau Seni Pahat

Image: Pondokpancasila

Seni ukir atau pahat adalah kesenian paling kuno yang hingga saat ini masih dipertahankan. Untuk media ukir atau pahat ini biasa menggunakan batu maupun kayu. Dengan pemakaian alat khusus pahat disertai kreativitas tinggi pemahatnya akan menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi.

Contoh seni rupa ini berupa patung, relief, lemari dan kursi ukir, dan sebagainya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya