Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Karya Seni Rupa Terapan

Karya Seni Rupa Terapan

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 07:00 WIB
Karya Seni Rupa Terapan

Apa yang dimaskud Seni Terapan?

Seni rupa terapan adalah salah satu cabang dari seni rupa disamping seni rupa murni. Perbedaan antara seni rupa murni dan terapan yaitu jika seni rupa murni yang merupakan seni rupa yang hanya bisa dinikmati keindahannya saja, berbeda dengan seni rupa terapan yang tidak hanya keindahannya namun juga fungsi dan manfaatnya.

Nahh pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Seni rupa terapan dulu yah otakers.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa adalah merupakan sebuah cabang seni yang dapat menghasilkan sesuatu yang indah dengan kualitas dan ekspresi yang bisa dilihat oleh indra penglihatan dan indra peraba manusia. Oleh karenanya seni rupa mengandung dua unsur sekaligus yaitu estetika dan fungsi atau praktis. Namun pada penggunaan seni rupa terapan ini lebih mengutamakan fungsi praktisnya atau kegunaannya ketimbang fungsi estetika karya seni rupa itu sendiri.

Baca juga: Macam-macam Karya Seni Rupa Terapan

Jenis Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan sendiri digolongkan atau dikategorikan berdasarkan fungsi, masa, dan wujudnya. Berikut sedikit ulasan atau penjelasan tentang kategori-kategori apa saja yang termasuk dalam jenis seni rupa ini, yaitu:

1. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Fungsi

Otakers, sudah dijelaskan diawal bahwa karya seni terapan memiliki dua fungsi yang terkandung di dalamnya yaitu fungsi praktis dan fungsi estetis, berikut ini penjelasannya:

a. Fungsi praktis atau fungsi kegunaan

Karya seni terapan memiliki sejumlah fungsi atau manfaat berupa kegunaan dimana karya seni ini membantu serta menunjang segala aktivitas manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Beberapa contoh yang sering kita temui di sekitar kita adalah perlengkapan rumah tangga seperti kursi, lemari, meja, peralatan dapur dan benda-benda lainnya yang sering kita gunakan.

b. Fungsi estetis atau keindahan pada karya seni

Suatu karya seni rupa tertentu pastilah mempunyai sebuah unsur keindahan tertentu. Karena unsur ini dapat menjadikan orang dapat menikmati sebuah karya seni. Selain fungsi praktis atau guna, dalam karya seni rupa terapan sendiri unsur fungsi estetis sangatlah penting.

Berdasarkan hal tersebut sangat banyak contoh dari karya seni rupa terapan yang bukan dapat dinikmati fungsi kegunaannya namun juga fungsi estetisnya. Contohnya adalah seperti kursi kayu dengan ukiran indah, lemari kayu yang diukir, dan masih banyak lagi benda-benda yang bisa kita temui di sekitar kita.

2. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya

Kategori selanjutnya adalah karya seni rupa terapan yang berdasarkan bentuknya. Kemudian seni rupa terapan ini pun masih dikelompokkan menjadi dua lagi yaitu seni rupa dua dimensi (2D) dan seni rupa tiga dimensi (3D).

a. Seni rupa dua dimensi (2D)

Dua dimensi atau yang lebih dikenal dwimatra adalah salah satu hasil dari karya seni rupa yang mempunyai dua unsur saja yaitu panjang dan lebar. Dalam karya seni terapan ini untuk menikmatinya hanya bisa dilakukan dari arah tertentu tergantung dari mana karya seni itu ditujukan untuk menikmatinya baik itu dari samping, dari arah depan, dari atas yang penting tetap satu arah saja untuk bisa menikmatinya.

Beberapa contoh yang sering kita temui yaitu seni lukis, seni batik, seni ilustrasi, wayang kulit, sketsa, dan masih banyak contoh lainnya.

b. Seni rupa tiga dimensi (3D)

Karya seni rupa yang dikategorikan tiga dimensi atau dalam istilah seni disebut trimatra adalah salah satu cabang karya seni yang sudah umum bagi kalangan masyarakat. Seni rupa tiga dimensi memiliki pengertian suatu karya seni rupa terapan yang mempunyai tiga unsur yang terkandung yaitu panjang, lebar dan tinggi.

Maka dari itu, berdasarkan tiga unsur yang dimilikinya itu menjadikan seni rupa tiga dimensi ini mempunyai volume atau isi yang mana dapat memudahkan karya seni ini dapat dilihat dari arah mana saja atau segala arah.

Banyak contoh karya seni ini yang dapat kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari, contohnya seperti seni kriya, seni pahat, seni patung, dan segala bentuk dari karya seni rupa yang dapat dilihat dari segala arah.

3. Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya

Untuk kategori yang terakhir adalah karya seni rupa terapan berdasarkan wujudnya. Untuk di negara Indonesia sendiri banyak sekali penerapan karya seni terapan kategori berdasarkan wujud ini baik jika dilihat dari segi seni tradisional maupun seni modern nya.

Seni rupa jenis ini penerapannya dapat kalian lihat karya-karya seni yang dibuat oleh masing-masing khas daerah yang tersebar di Indonesia. Contohnya seperti rumah adat, senjata tradisional berupa keris, golok, kujang dan lain-lain, transportasi tradisional perahu dan dokar, serta juga seni kriya lainnya yang khas dari daerah masing-masing.

Baiklah otakers, itulah tadi pengertian dan jenis-jenis Karya Seni Terapan selengkapnya, selanjutnya kalian bisa baca macam-macam Seni Rupa terapan yah!

Semoga bermanfaat.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya