Home » Kongkow » Geografi » Letak Astronomis Negara Asean dan Iklimnya

Letak Astronomis Negara Asean dan Iklimnya

- Sabtu, 27 Maret 2021 | 09:00 WIB
Letak Astronomis Negara Asean dan Iklimnya

Wilayah ASEAN atau Asia bagian Tenggara yang terdiri dari beberapa Negara sebagian besar terletak di sekitar garis equator atau garis khatulistiwa.. Tahukah otakers, Iklim negara-negara yang berada di kawasan ASEAN tersebut berdasarkan letak Astronomisnya?

Letak Astronomis Asean dan Iklimnya

Letak astronomis suatu wilayah akan sangat mempengaruhi keadaan iklim di daerah tersebut lho. Berdasarkan letak astronominya negara-negara ASEAN berada di 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT.

Dengan letak tersebut, dipastikan Asean terletak di bumi bagian Timur dengan batas sebelah Utara adalah China. Kemudian, di sebelah Selatan dan Barat berbatasan langsung dengan Bangladesh dan Samudera Hindia. Sedangkan, di sebelah Timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Pengaruh letak astronomis Asean menyebabkan Asia Tenggara berada di Daerah Tropis.

Iklim tropis terjadi karena wilayah Asean mendapat pengaruh dari angin musim yang datang dari gurun di Australia dan daratan Asia. Angin musim terjadi karena perbedaan tekanan udara antara dua wilayah. Angin ini membuat Asean memiliki dua musim, yakni kemarau dan penghujan.

Selain itu, ada juga angin pasat yang bertiup dari daerah subtropis menuju ekuator.

Nahh otakers, demikian ulasan tentang Letak Astronomis Negara ASEAN dan iklimnya, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kalian yah.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya