Home » Kongkow » Materi » Ini Dia Daftar Senyawa yang Bersifat Asam

Ini Dia Daftar Senyawa yang Bersifat Asam

- Rabu, 23 September 2020 | 10:26 WIB
Ini Dia Daftar Senyawa yang Bersifat Asam

Seperti yang telah diketahui, senyawa elektrolit adalah senyawa yang bisa menghantarkan arus listrik. Terdapat dua jenis senyawa elektrolit yaitu elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Untuk sifat dari senyawa elektrolit sendiri dibagi menjadi tiga macam yaitu asam, basa, dan garam. Nah, kali ini akan dibahas tentang daftar senyawa yang bersifat asam secara lengkap sebagai berikut.

Ini Dia Daftar Senyawa yang Bersifat Asam

Daftar Senyawa Bersifat Asam

Sebelum membahas mengenai daftar senyawa bersifat asam, ada baiknya jika teman-teman juga mengetahui bahwa senyawa bersifat asam sendiri memiliki dua jenis keadaan yaitu sifat asam elektrolit kuat dan asam elektrolit lemah. Baca artikel sebelumnya tentang apakah larutan elektrolit itu

Untuk masing-masing contohnya akan dipaparkan dalam ulasan berikut ini.

Daftar Senyawa Bersifat Asam Elektrolit Kuat

Asam elektrolit kuat adalah zat yang apabila tercampur dengan air akan melepas ion H+ dan dapat menghantarkan arus listrik dengan kuat.

Kuat yang dimaksud adalah, apabila dilakukan pengukuran menggunakan alat ukur elektrolit, maka lampu akan menyala terang apabila diberi zat senyawa asam kuat. Contoh dari asam elektrolit kuat adalah sebagai berikut:

  1. HI (Asam Iodida)
  2. HIO4 (Asam Periodat)
  3. HIO3 (Asam Iodit)
  4. HbrO4 (Asan Perbromat)
  5. HbrO3 (Asam Bromit)
  6. HClO3 (Asam Klorit)
  7. HClO4 (Asam Perklorat)
  8. HBr (Asam Bromida)
  9. H2SO4 (Asam Sulfat)
  10. HNO3 (Asam Nitrat)
  11. HCl (Asam Klorida)

Daftar Senyawa Bersifat Asam Elektrolit Lemah

Asam elektrolit lemah adalah zat yang apabila tercampur dengan air akan melepas ion H+ dan dapat menghantarkan arus listrik namun bersifat lemah. Lemah yang dimaksud adalah apabila dilakukan pengukuran menggunakan alat ukur elektrolit, maka lampu akan menyala redup jika diberi senyawa asam lemah. Contoh dari asam elektrolit lemah yaitu sebagai berikut:

  1. CHCOOH (Asam Format)
  2. CH3COOH (Asam Asetat)
  3. HF (Asam Fluorida)
  4. H2CO3 (Asam Karbonat)
  5. C6H8O7 (Asam Sitrat)
  6. HCN (Asam Sianida)
  7. HNO3 (Asam Nitrit)
  8. H2Bo3 (Asam Borat)
  9. H2SlO3 (Asam Silikat)
  10. H2SbO3 (Asam Antimonit)
  11. H2SbO4 (Asam Antimonat)
  12. H2SnO3 (Asam Stanat)
  13. H2SnO2 (Asam Stanit)
  14. H2PbO3 (Asam Plumbat)
  15. H2PbO4 (Asam Plumbit)
  16. H2C2O4 (Asam Oksalat)
  17. C6H5COOH (Asam Benzoat)
  18. HClO (Asam Hipoklorit)
  19. H2SO3 (Asam Sulfit)
  20. H2S ( Asam Sulfida)
  21. H3PO3 (Asam Fosfit)
  22. H3PO4 (Asam Fosfat)
  23. H3AsO3 (Asam Arsenit)
  24. H3AsO4 (Asam Arsenat)
  25. H5CN (Asam Flosianat)
  26. C6H5OH (Asam Finol)
  27. C5HO6 (Asam Askorbat)
  28. C3H5O3 (Asam Laktat)
  29. HN3 (Asam Hidrazida)
  30. H2O2 (Asam Peroksida)
  31. CH3CH2COOH (Asam Propanoat)
  32. C5H3N4O3H (Asam Urat)
  33. C3H7COOH (Asam Butanoat)
  34. C4H9COOH (Asam Heptanoat)
  35. C5H11COOH (Asam Heksanoat)
  36. C6H13COOH (Asam Pentanoat)
  37. C7H15COOH (Asam Oktanoat)

Manfaat Senyawa Asam dalam Kehidupan Sehari-hari

Senyawa asam adalah senyawa kimia yang juga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja Asam Klorida (HCl). Asam klorida adalah asam yang bermanfaat bagi lambung manusia yaitu untuk membunuh kuman dan bakteri jahat yang ada di dalam lambung. Selain bermanfaat bagi tubuh manusia, asam klorida juga bermanfaat sebagai bahan baku untuk membuat logam magnesium.

Ini Dia Daftar Senyawa yang Bersifat Asam

Yang kedua yaitu Asam Sulfat (H2SO4), senyawa jenis asam ini merupakan salah satu senyawa yang sangat populer dikalangan masyarakat yaitu digunakan sebagai bahan baku membuat pupuk dan accu. Contoh yang lain yaitu Asam Fosfat (H3PO4). Asam fosfat tidak hanya bermanfaat sebagai bahan baku pupuk fosfat melainkan juga bermanfaat sebagai penghilang karat pada logam besi.

Nah, itu tadi adalah ulasan mengenai daftar senyawa yang bersifat asam dan juga manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang harus kalian ketahui. Sekarang kamu tidak bingung lagi kan membedakan mana asam lemah dan mana asam kuat? Selalu upgrade ilmumu dengan banyak membaca. Semoga bermanfaat….

kimia larutan asa larutan bersifat asam kimia ciri asam ciri basa ciri garam contoh asam contoh basa contoh garam contoh larutan basa pengertian asam pengertian basa pengertian garam pengertian larutan basa pengertian larutan garam sifat asam sifat basa sifat garam 10 contoh larutan asam dan basa 10 sifat asam dan basa air abu asam atau basa air suling termasuk asam atau basa al(no3)3 asam atau basa apa yang dimaksud dengan asam apa yang dimaksud dengan larutan asam asam + basa menghasilkan asam basa dan garam brainly asam basa dan garam kelas 11 asam basa dan garam lakmus asam basa dan garam pdf asam basa dan garam ppt asam basa garam smp kelas 7 ppt asam basa pembentuk nacl bacl2 asam atau basa bahan berikut yang bersifat basa adalah berikut senyawa yang termasuk basa adalah ciri ciri asam basa dan garam ciri ciri asam kuat ciri ciri larutan basa adalah nomor contoh asam basa contoh asam basa dalam kehidupan sehari hari contoh asam basa dan garam contoh asam basa dan garam brainly contoh asam organik dan anorganik contoh garam asam contoh garam lemah contoh garam yang bersifat basa contoh larutan netral contoh netral dalam kimia contoh senyawa basa contoh senyawa garam contoh soal asam basa dan garam dampak negatif asam basa dan garam dampak negatif senyawa asam basa dan garam fungsi garam garam yang bersifat basa dalam air indikator asam basa indikator asam dan basa ion apa yang menjadi pembawa sifat basa jelaskan apa yang dimaksud dengan basa jelaskan definisi asam basa menurut arrhenius jelaskan perbedaan asam dengan basa jelaskan yang dimaksud dengan asam basa dan garam berikan dua contoh untuk setiap senyawa tersebut jenis asam basa dalam kehidupan sehari hari jenis jenis asam basa dan garam jenis jenis asam kuat dan asam lemah jenis jenis basa jenis jenis buah asam kegunaan asam basa dan garam klasifikasi asam basa konsep larutan asam dan basa kscn bersifat larutan alcl3 dalam air akan bersifat asam larutan asam dan basa macam macam asam kuat beserta rumusnya macam macam garam makalah asam basa dan garam manfaat asam basa dan garam materi asam basa dan garam kelas 11 materi asam basa dan garam pdf materi asam basa dan garam smp kelas 7 materi singkat asam basa mencari garam yang bersifat asam menentukan unsur senyawa dan campuran nacn bersifat nh4cl bersifat pengertian asam basa menurut para ahli pengertian asam dan basa pengertian larutan asam basa pengertian larutan netral perbedaan asam basa dan garam perbedaan asam dan basa perbedaan asam organik dan asam anorganik rangkuman materi asam basa reaksi ionisasi asam basa rumus asam dan basa rumus kimia larutan gula sebutkan 5 sifat sifat basa senyawa garam sifat asam basa dan garam brainly sifat asam dan basa sifat sifat garam sifat unsur dan senyawa tata nama senyawa asam dan basa teori asam basa trayek ph dari larutan amonia adalah tuliskan reaksi pembentukan garam berikut unsur garam unsur senyawa dan campuran smp
Cari Artikel Lainnya