Home » Kongkow » Kesehatan » Gangguan Imun, Salah Satu Penyebab Utama Keguguran

Gangguan Imun, Salah Satu Penyebab Utama Keguguran

3 months 'ago'

Keguguran mungkin menjadi satu hal yang tak pernah diinginkan seorang wanita hamil. Tapi akan selalu ada risiko keguguran yang membayangi setiap wanita. Ada banyak alasan mengapa keguguran bisa terjadi, salah satunya karena faktor imunitas tubuh.

Sistem imun atau kekebalan tubuh berfungsi melawan penyakit atau benda asing yang masuk ke tubuh. Tapi terkadang sistem imun bisa salah mengenali sperma. Untuk tubuh wanita yang mengalami gangguan sistem imun, tubuh akan menganggap sperma sebagai benda yang berbahaya.

Menurut dokter Jonathan Scher, ahli dan spesialis kandungan dari Manhattan sekaligus penulis buku Preventing Miscarriage: The Good News (Collins 2005), ketika tubuh wanita mengenali sperma sebagai obyek asing, kekebalan tubuh akan bertindak 'membunuh'.

Namun pembuahan sel telur akan tetap terjadi, tapi sel telur yang telah dibuahi sperma inilah yang justru jadi sasaran sistem imun tubuh untuk disingkirkan. Tapi sel telur akan mengirim sinyal bahwa ia bukanlah benda asing sehingga bisa berkembang.

Namun karena sistem imun tubuh ibu mengalami gangguan, sel-sel antibodi akan tetap menyerang sel telur yang berkembang sehingga embrio tak bisa diterima tubuh dan tak bisa berkembang, yang pada akhirnya berakhir dengan keguguran. Embrio luruh karena tak bisa berkembang dan diserang imun tubuh ibu sendiri.

Untuk hal ini, coba konsultasikan dengan dokter karena penanganannya mungkin bisa diatasi dengan konsumsi obat. Meski memang kasus seperti ini pun jarang terjadi, tapi kamu juga patut tahu, dan semoga hal ini tak terjadi pada tubuh kamu ya ladies.

sumber : http://www.utakatikotak.com/kongkow/detail/3230/Gangguan-Imun-Salah-Satu-Penyebab-Utama-Keguguran#

utakatikotak
0
utakatikotak
67
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :