Home » Kongkow » Biologi » Bagaimana Cara Kerja Sistem Imun Terhadap Infeksi

Bagaimana Cara Kerja Sistem Imun Terhadap Infeksi

- Senin, 11 Oktober 2021 | 14:39 WIB
Bagaimana Cara Kerja Sistem Imun Terhadap Infeksi

Untuk bisa memahami reaksi vaksin yang terjadi di dalam tubuh manusia maka, pertama kali kita harus mengerti tentang sistem imunitas. Sistem imun bertanggung jawab untuk melawan penyakit. Tugas utama sistem imun adalah mengidentifikasi benda asing dalam tubuh (termasuk bakteri, virus, jamur, parasit, organ atau jaringan transplantasi) dan menghasilkan pertahanan tubuh untuk melawan benda asing tersebut.

Sistem imunitas didesain untuk mengenal dan menghancurkan benda asing yang masuk kedalam tubuh manusia termasuk patogen. Patogen adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh substansi, pada umumnya dipergunakan untuk organisme (bakteri, virus) dan produk biologisnya (misalnya toksin).

Baca Juga:

Mekanisme Pertahanan Tubuh Spesifik dan Nonspesifik

Bagaimana Cara Kerja Sistem Imun?

Sistem imunitas yang ada dalam tubuh manusia merespon masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh manusia melalui mekanisme yang sangat rumit dan komplek.

Ketika antigen melekat pada reseptor sel imun, seluruh tubuh akan bekerja sama untuk mengenali antigen dan memberikan sinyal untuk mengaktifkan setiap komponen sistem imun. 

Fungsi sistem imun salah satunya membuat catatan mengenai setiap antigen yang pernah dijumpai pertama kalinya dan bagaimana cara menghancurkannya. Sel memori ini ada dalam bentuk sel darah putih yaitu limfosit T (sel T) dan limfosit B (sel B).

Sel plasma dari limfosit B berfungsi menghasilkan antibodi. Antibodi akan mengikat pada antigen yang masuk dan Limfosit B akan membentuk sel memori yang bertahan di dalam tubuh. Karena memori tersebut, ketika sistem imun berjumpa dengan antigen yang sama, antibodi akan selalu siap sedia melawan antigen tersebut.

Antibodi dari limfosit B ini juga tidak bekerja sendiri. Antibodi membutuhkan bantuan limfosit T untuk membunuh antigen. Bayangkan limfosit B sebagai penjara untuk mengurung antigen penyakit.

Sedangkan, Limfosit T sebagai prajurit yang membunuh antigen penyakit ini. Bahkan sebagian komponen limfosit T disebut juga “T- killer cell” atau sel T  pembunuh. Selain itu, Limfosit T berfungsi menyampaikan sinyal ke sel lain (seperti fagosit) yang juga bekerja “menelan” dan menghancurkan virus.

Inilah mengapa  jarang sekali orang terkena cacar air untuk kedua kalinya. Hal tersebut dikarenakan sel memori sudah mengenali antigen cacar air, sehingga apabila antigen tersebut muncul sistem imun langsung membunuhnya.

Cara kerja sistem imun ini pun diadaptasi untuk program imunisasi atau vaksinasi. Jadi program Vaksinasi akan memperkenalkan sistem imun dengan antigen penyakit. Sehingga tubuh dapat memproduksi sel memori dan antibodi yang siap menghalau antigen kapan pun dan di mana pun.

Sekuat apapun sistem imun dalam menghalau berbagai macam penyakit, sebaiknya kita juga harus bisa mengatur pola hidup yang sehat dengan melakukan istirahat yang cukup dan menjaga pola makan Kita. Demikian penjelasan mengenai cara kerja sistem imun dan memori terhadap infeksi. Terima kasih sudah membaca artikel disini dan semoga bermanfaat yah!

Sumber :
Cari Artikel Lainnya