Home » Kongkow » Kesehatan » Tahukah Kamu Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Tahukah Kamu Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 11:00 WIB
Tahukah Kamu Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Banyak ahli sepakat bahwa mentimun memiliki banyak manfaaat. Buah yang biasa digunakan untuk rujakan ini ternyata punya segudang khasiat, mulai dari detoksifikasi tubuh, mencegah dehidrasi hingga obat dahaga saat datangnya musim panas. Air rendaman mentimun ternyata juga bagus untuk menyehatkan ginjal loh.

Pasalnya, mentimun dapat mengurangi kandungan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, air mentimun juga kreatinin dan limbah lain yang menumpuk di ginjal. Kandungan antioksidan dalam mentimun yang direndam bisa membantu menjaga kulit tetap bersinar.

Mentimun mengandung sekitar 95 persen air. Jadi, mengonsumsi mentimun setiap hari akan membuat tubuh terhidrasi yang pada akhirnya akan bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin B seperti niasin dan riboflavin, serta vitamin C dan seng (mineral) pada mentimun bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat mentimun lainnya yang disampaikan Ahli Kebugaran dan Nutrisi Sonia Narang serta Ahli Kecantikan Organik Sonia Mathur dari India seperti dilansir situs Zee News:

1. Mentimun terdiri dari 95 persen air yang membantu menjaga tubuh terhidrasi dan mengisinya kembali dengan menghilangkan racun. Kandungan air yang tinggi dalam timun berfungsi sebagai pembersih sistem dan menyapu produk limbah keluar dari sistem.

2. Mentimun kaya akan serat, kalium, dan magnesium. Semua nutrisi ini efektif dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, sifat diuretiknya yang ringan karena kandungan kalium dan airnya yang tinggi, juga membantu mengatur tekanan darah.

3. Menenangkan kulit. Oleskan jus mentimun langsung ke kulit untuk mendapatkan kesegarannya secara instan. Mentimun mengandung potasium dan sangat ideal untuk kulit kering.

4. Mengurangi lingkaran hitam di mata. taruh irisan mentimun pada mata setiap hari selama 8-10 menit untuk mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di sekitar mata. Atau cukup gunakan mentimun parut untuk kulit yang halus dan segar.

5. Kandungan air yang tinggi dan sifat anti-inflamasi dari timun dapat membantu dalam mengobati kulit kering. Campur jus mentimun dengan yogurt atau jus lemon dan biarkan di kulit selama 10-15 menit setiap hari. Cara ini akan meringankan kulit yang terbakar matahari dan bisa juga mengobati luka bakar matahari yang ringan.

Baca juga: Memiliki Rasa Asam, Ini 11 Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatanmu!

6. Mentimun membantu melepaskan kelebihan panas di perut Anda yang dikatakan sebagai penyebab utama bau mulut. Pegang irisan mentimun di langit-langit mulut dengan lidah selama 30 detik. Reaksi kimia yang hadir dalam sayuran ini dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

7. Biji mentimun adalah gudang potasium dan Vitamin E yang membantu mengurangi keriput, garis halus, noda dan tanda penuaan lainnya. Cara lain yang sederhana untuk menjaga kulit Anda cerah dan bersinar adalah dengan teratur mengkonsumsi air dengan tambahan irisan mentimun.

8. Mentimun terdiri dari sejumlah besar silika, yang baik untuk perawatan kuku dan rambut. Selain membuat kuku dan kuku kaki lebih kuat, makan banyak timun juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cari Artikel Lainnya