Home » Kongkow » Biologi » Fungsi Protein Bagi Tubuh

Fungsi Protein Bagi Tubuh

- Kamis, 12 November 2020 | 14:53 WIB
Fungsi Protein Bagi Tubuh

Protein adalah makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar. Protein terdiri dari sejumlah asam amino yang diperlukan agar tubuh berfungsi dengan baik. Asam amino dapat dikelompokkan menjadi dua jenis utama, yakni asam amino esensial dan asam amino nonesensial. 

Asam amino nonesensial adalah asam amino yang dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Sedangkan, asam amino esensial adalah asam amino yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh dan harus didapat dari makanan.

Sumber Protein

Guna mendapatkan manfaat protein yang maksimal, akan lebih baik jika sumbernya berasal dari makanan berikut ini:

1. Makanan laut atau boga bahari

Makanan laut memiliki kandungan protein yang tinggi, dan biasanya rendah lemak. Beberapa jenis makanan laut, seperti ikan salmon, ikan sarden, dan scallopjuga kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

2. Susu, keju, yoghurt

Selain menjadi sumber protein yang baik, susu dan produk olahan susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang berfungsi menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.

3. Daging

Disarankan untuk memilih daging putih (ayam, ikan) tanpa kulit, dibandingkan daging merah (sapi, kambing). Ini karena daging merah mengandung lebih banyak lemak.

4. Telur

Bahan makanan yang terjangkau dan bergizi. Tak hanya tinggi protein, telur ayam juga mengandung vitamin B, folat, selenium, dan kolin.

5. Kacang-kacangan

Selain bergizi, kacang juga kaya akan serat yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kacang kedelai baik bagi jantung karena dapat membantu menurunkan kolesterol.

Protein dari sumber hewani disebut protein lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial. Sedangkan protein nabati dianggap tidak lengkap karena tidak memiliki satu atau lebih asam amino esensial.

 

Fungsi Protein

Protein merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada begitu banyak manfaat protein bagi tubuh:

1. Diperlukan dalam pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah.

2. Membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh. Contohnya, keratin yang memperkuat rambut, serta kolagen dan elastin yang menunjang jaringan ikat dan kulit.

3. Membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Karena itu, konsumsi makanan berprotein tinggi bisa menjadi salah satu cara untuk melangsingkan badan.

4. Membuat hormon yang berfungsi membantu sel mengirim pesan dan mengkoordinasikan fungsi sel dan organ di dalam tubuh.

5. Membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.

6. Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja, hingga wanita hamil dan janin yang dikandungnya.

7. Terlibat dalam kontraksi dan gerakan otot, contohnya protein aktin dan myosin.

8. Membuat enzim yang berfungsi memfasilitasi reaksi biokimiawi dan metabolisme tubuh.

9. Mengangkut sel atau zat, contohnya hemoglobin yang membawa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh.

Cari Artikel Lainnya