Home » Kongkow » Biologi » Contoh Bakteri Pengikat Nitrogen di Dalam Tanah Adalah...

Contoh Bakteri Pengikat Nitrogen di Dalam Tanah Adalah...

- Jumat, 22 Maret 2024 | 11:24 WIB
Contoh Bakteri Pengikat Nitrogen di Dalam Tanah Adalah...

Contoh bakteri pengikat nitrogen di dalam tanah adalah...

Pembahasan:

Bakteri pengikat nitrogen merupakan bakteri yang mampu mengikat nitrogen bebas (N2) di atmosfer dan mengubahnya menjadi senyawa nitrogen yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman. Berikut adalah beberapa contoh bakteri pengikat nitrogen di dalam tanah:

1. Rhizobium

Bakteri Rhizobium hidup bersimbiosis dengan tanaman legum seperti kacang tanah, kedelai, dan kacang hijau. Bakteri ini membentuk bintil-bintil akar pada tanaman legum, di mana nitrogen diikat dan diubah menjadi amonia (NH3). Amonia kemudian digunakan oleh tanaman untuk sintesis protein dan senyawa nitrogen lainnya.

2. Azotobacter

Azotobacter adalah bakteri aerob yang hidup bebas di tanah. Bakteri ini memiliki kemampuan untuk mengikat nitrogen bebas dan mengubahnya menjadi amonia. Amonia kemudian diubah menjadi nitrit (NO2-) dan nitrat (NO3-) oleh bakteri lain di tanah.

3. Azospirillum

Azospirillum adalah bakteri aerob yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman non-legum seperti padi, jagung, dan gandum. Bakteri ini membantu tanaman dalam penyerapan nitrogen dan meningkatkan hasil panen.

4. Frankia

Frankia adalah bakteri actinomycete yang hidup bersimbiosis dengan tanaman actinorhizal seperti alder, birch, dan willow. Bakteri ini membentuk bintil-bintil akar pada tanaman actinorhizal, di mana nitrogen diikat dan diubah menjadi amonia.

5. Klebsiella

Klebsiella adalah bakteri yang hidup bebas di tanah dan air. Bakteri ini mampu mengikat nitrogen bebas dan mengubahnya menjadi amonia. Klebsiella juga dapat membantu tanaman dalam penyerapan fosfor dan kalium.

Kesimpulan:

Bakteri pengikat nitrogen memainkan peran penting dalam siklus nitrogen dan kesuburan tanah. Contoh bakteri pengikat nitrogen di dalam tanah adalah Rhizobium, Azotobacter, Azospirillum, Frankia, dan Klebsiella.

Sumber : -
Cari Artikel Lainnya