Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Bagian bunga yang berfungsi sebagai alat kelamin jantan adalah

Bagian bunga yang berfungsi sebagai alat kelamin jantan adalah

- Senin, 18 Juli 2022 | 16:00 WIB
Bagian bunga yang berfungsi sebagai alat kelamin jantan adalah

Bagian bunga yang berfungsi sebagai alat kelamin jantan adalah Stamen.

Pembahasan

Benang sari atau stamen adalah organ reproduksi jantan pada bunga. Setiap benang sari umumnya terdiri dari tangkai sari atau filamen dan pada ujung tangkai sari, kepala sari atau anter.

Bunga merupakan alat reproduksi seksual yang ada pada tumbuhan. Bunga mengalami perkembangbiakan dengan cara penyerbukan.

Penyerbukan merupakan proses jatuhnya benang sari ke kepala putik. Penyerbukan dibagi menjadi dua yaitu penyerbukan silang dan penyerbukan sendiri. 

Pada umumnya tumbuhan membutuhkan bunga untuk melakukan perkembangbiakan, selain bunga tumbuhan juga membutuhkan serangga untuk membantu proses berlangsungnya penyerbukan.

Bunga memiliki dua organ reproduksi yaitu putik dan benang sari dimana keduanya berfungsi sebagai alat kelamin betina dan jantan.

Berikut bagian-bagian bunga :

  • Kelopak bunga, merupakan bagian terluar bunga yang biasanya memiliki warna hijau menyerupai daun, namun kelopak bunga memiliki bentuk yang lebih kecil daripada daun.
  • Mahkota bunga, merupakan bagian bunga yang memiliki fungsi untuk menarik perhatian serangga. Mahkota bunga biasanya memiliki warna yang indah dan mencolok sehingga dapat menarik serangga untuk membantu proses penyerbukan.
  • Benang sari, merupakan bagian pada bunga yang berperan sebagai perkembangbiakan jantan atau bagian yang dapat memperoduksi sel-sel kelamin jantan yang ada pada tumbuhan. Pada umumnya benang sari dibagi menjadi tiga bagian yaitu; tangkai sari, kepala sari, penghubung ruang.
  • Putik, merupakan bagian bunga yang berfungsi sebagai alat kelamin betina yang biasanya terletak pada bagian tengah bunga.
Sumber :
Cari Artikel Lainnya