Home » Kongkow » Biologi » Apa Perbedaan Reptil dan Mamalia?

Apa Perbedaan Reptil dan Mamalia?

- Kamis, 25 Februari 2021 | 12:00 WIB
Apa Perbedaan Reptil dan Mamalia?

Mamalia dan reptil telah menghuni bumi selama jutaan tahun sampai sekarang. Mamalia dan reptil keduanya memerlukan oksigen untuk bernapas dan vertebrata yang membutuhkan makanan untuk hidup. Keduanya memiliki komponen organ yang sama seperti otak, jantung, lambung, paru-paru, antara lain.

Mamalia dan reptil keduanya tetrapoda, yang berarti mereka berdua memiliki empat anggota badan.

Mamalia

Mamalia adalah vertebrata yang melahirkan anak muda. Kebanyakan anak belum mampu untuk mencari makanan dan membutuhkan makanan dalam bentuk susu dari kelenjar susu ibunya. Mamalia memiliki bulu atau rambut dan memiliki kelenjar keringat. Selain itu, mamalia memiliki bagian dalam otak yang disebut neokorteks yang mengatur panas tubuh. Mereka juga memiliki telinga tengah dan rahang yang terbuat dari tulang tunggal.

Reptil

Reptil adalah vertebrata dan sebagian besar adalah makhluk bertelur, meskipun ada reptil yang melahirkan anak muda seperti ular viper. Contoh hewan reptil adalah buaya, aligator, ular, kadal dan kura-kura. Telur reptil memiliki cangkang luar yang keras yang melindungi embrio dari bahaya. Kebanyakan reptil karnivora tapi pencernaan dan metabolisme mereka sangat lambat.

Perbedaan antara mamalia dan Reptil

Perbedaan utama antara mamalia dan reptil adalah cara mereka mengatur panas tubuh. Mamalia dapat menghasilkan panas tubuh tetapi reptil membutuhkan sumber panas eksternal seperti matahari. Itulah sebabnya sebagian besar reptil akan berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan hangat. Mamalia melahirkan hidup muda sementara reptil bertelur. Mamalia yang masih muda sangat tergantung kepada orang tua untuk perlindungan dan makanan sementara anak reptil tidak perlu setiap orangtua untuk hidup karena mereka dapat menjaga diri mereka sendiri saat mereka menetas. Selain itu, mamalia memiliki rambut dan bulu sementara reptil bersisik.

Mamalia dan reptil mungkin berbeda tetapi mereka dapat hidup berdampingan dan sangat penting dalam ekosistem yang sehat.

Perbedaan Mamalia dan Reptil

  1. Mamalia melahirkan keturunan hidup.
  2. Reptil bertelur.
  3. Mamalia memiliki bulu atau rambut sementara reptil bersisik.
  4. Mamalia perlu untuk memberi makan susu untuk anak-anak mereka sementara reptil tidak perlu karena tukik dapat berjuang sendiri.
  5. Mamalia adalah hewan berdarah panas, sementara reptil adalah makhluk berdarah dingin.
Sumber :
Cari Artikel Lainnya