Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Keistimewaan Yoga Bagi Wanita

5 Keistimewaan Yoga Bagi Wanita

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 07:00 WIB
5 Keistimewaan Yoga Bagi Wanita

Sebagian besar wanita tentunya ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, lengkap dengan kesehatan mental serta fisik yang terjaga. Untuk mendapatkan hal tersebut, ada beragam cara yang bisa dicoba. Mulai dari diet makanan bergizi hingga rutin berolahraga. 

Nah, menyoal olahraga, ada satu olah tubuh yang bisa memberikan banyak manfaat bagi wanita. Mulai dari awet muda hingga membantu melewati masa menopause. 

Baca juga: Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Sudah tak asing kan dengan yoga? Nah, berikut beberapa manfaat yoga bagi wanita. 

1. Awet Muda

Mau tahu manfaat yoga yang sangat istimewa? Ternyata olahraga ini bisa membuat pegiatnya awet muda, termasuk wanita. Ada tiga asana (olah postur) yang mampu melawan proses penuaan dan membuat kamu jadi awet muda dengan yoga. Namun, syaratnya kamu harus melakukan posenya dengan benar. Salah satu olah posturnya bernama Sirsasana. 

Pose ini paling penting dalam asana yoga. Lalu, apa hubungannya pose ini dengan awet muda? Ternyata sirsasana bisa memberi suplai darah segar kaya oksigen ke otak. Menurut ahli yoga, otak yang sehat bisa membuat seluruh fungsi tubuh terjaga dengan prima. Manfaatnya tidak hanya baik bagi fisik saja, tapi juga psikis. 

Menariknya lagi, pose ini juga baik untuk wajah. Sebab pose ini bisa membuat otot wajah mengalami sensasi dari gravitasi sehingga tidak akan mudah mengendur. Kata ahli yoga, kamu sebaiknya melakukan pose ini minimal 5-10 menit perhari. 

Terdapat sebuah penelitian mengenai yoga yang menarik untuk diketahui. Penelitian itu dilakukan terhadap ahli yoga yang berusia 80-an tahun, yang telah berlatih yoga selama puluhan tahun. Nah, setelah diteliti, secara fisiologis memperlihatkan elastisitas kulit, kerja paru-paru, jantung, dan pencernaannya masih seperti orang yang berusia 20-an tahun. Menarik, bukan? 

2.  Meningkatkan Kualitas Tidur

Pasca berlatih yoga, semua bagian otot yang tadinya kaku akan perlahan meregang. Peregangan ini yang membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks untuk beristirahat.

Selain itu, pikiran yang tenang setelah melakukan olahraga yoga juga memperbaiki kualitas tidur di malam hari. Manfaat yoga bagi wanita yang ini tentu sangat penting, apalagi bagi mereka yang sering mengalami kesulitan tidur. 

3.  Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagian besar gerakan yoga melibatkan kekuatan otot yang membuatnya jauh lebih aktif. Jika rutin berlatih, otomatis postur tubuh akan terbentuk lebih ideal dengan sendirinya. Nah, postur tubuh yang ideal ini yang mampu meningkatkan rasa percaya diri wanita.

Selain itu, yoga juga membantu tubuh menjadi lebih peka. Misalnya, ketika dirimu duduk dalam postur membungkuk, secara spontan atau tidak sadar, tubuh akan segera merubah ke posisi yang benar.

Baca juga: 5 Isu Diet Ini Dipercaya Banyak Orang, Fakta atau Hoax?

4.  Sarana Relaksasi

Biasanya olahraga juga diiringi dengan musik bertempo lambat yang membuat pikiran semakin tenang. Di samping itu, gerakan-gerakan yoga bersifat meregangkan otot-otot yang kaku. Nah, hal ini yang bisa merelaksasi tubuh dan pikiran. 

Sejumlah riset telah membuktikan bahwa yoga dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Berlatih yoga juga mampu memperbaiki suasana hati, terlebih di beberapa hari menjelang menstruasi yang terkadang membuat wanita lebih sensitif dari biasanya.

5.Dari Kebugaran sampai Depresi

Ada sederet manfaat yoga lainnya, menurut ahli di National Institutes of Health - MedlinePlus dan National Center for Complementary and Integrative, yaitu:

  • Meningkatkan kebugaran dan fleksibilitas.

  • Turunkan tekanan darah dan detak jantung. 

  • Membantu menurunkan berat badan.

  • Meningkatkan kualitas tidur.

  • Meringankan gejala menopause 

  • Membuat rileks.

  • Membantu mengatasi gejala penyakit kronis.

  • Meningkatkan kepercayaan diri. 

  • Mengurangi stres.

  • Meningkatkan konsentrasi.

  • Membantu sistem pencernaan tetap terjaga.

  • Membantu mengatasi kegelisahan, sakit punggung, dan depresi.

Nah, banyak bukan manfaat yoga yang bisa kita peroleh? Bagaimana tertarik mencoba olah tubuh ini? 

Cari Artikel Lainnya