3 weeks 'ago'
macam-macam penyerbukan
apakah penyerbukan itu jelaskan macam-macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya

1
0
nino
Answer :
Foto :
azzahra
3 weeks 'ago'

Macam-macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari dibedakan menjadi 4 kelompok, yaitu penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitonogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hibridogami). Masing – masing ulasan untuk macam – macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari dapat disimak pada pembahasan berikut.

Penyerbukan Sendiri (Autogami)

Penyerbukan sendiri adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Terjadi dalam satu bunga. Keturunan yang dihasilkan melalui penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi.

Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)

Penyerbukan tetangga adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada pada satu tumbuhan. Atau dapat juga diartikan sebagai penyerbukan yang terjadi saat serbuk sari berasal dari bunga yang berbeda namun tetap satu pohon dengan putiknya. Terjadi pada dua buah bunga yang masih berada dalam satu pohon.

Penyerbukan Silang (Alogami)

Penyerbukan silang adalah penyerbukan yang terjadi saat serbuk sari berasal dari bunga yang berbeda serta pohon yang berbeda dengan putiknya namun dari tumbuhan yang satu spesies. Melalui penyerbukan silang ini dapat menghasilkan variasi keturunan. Contoh persilangan terjadi pada antara bunga merah dengan bunga putih dapat menghasilkan bunga merah, merah muda, atau putih. Terjadi pada dua buah bunga yang berbeda pohon.

Penyerbukan Bastar (Hibridogami)

Penyerbukan bastar adalah penyerbukan yang terjadi saat serbuk sari berasal dari bunga yang berbeda serta  pohon yang berbeda dengan putiknya namun dari tumbuhan yang beda spesies.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
5
Lencana
Kongkow