3 months 'ago'
Contoh campuran homogen dan campuran heterogen
Jelaskan apa yang dimaksud dengan campuran homogen dan heterogen beserta contohnya

1
0
azzahra
Answer :
Foto :
Fika
3 months 'ago'

Campuran homogen adalah campuran yang terbentuk oleh dua zat atau lebih yang memiliki persamaan dan mempunyai partikel-partikel penyusun yang sulit atau tidak dapat dibedakan. 

Istilah homogen ini diambil dari kata “homo” yang berarti sama atau sejenis. Jika dilihat dari bentuknya, zat-zat penyusun campuran homogen tidak tampak dengan jelas. Zat-zat penyusun tersebut bercampur dan berlebur menjadi satu kesatuan yang baru.

Contoh dari campuran homogen adalah udara. Udara tersusun oleh beberapa senyawa, misalnya H2, CO2, O2, N1 dan lain sebagainya. Contoh lain dari campuran homogen adalah gula yang dimasukkan ke air. 

Campuran heterogen adalah campuran yang terbentuk oleh dua zat atau lebih yang mempunyai partikel penyusun yang berbeda sehingga batasnya masih jelas dan bisa dibedakan.

Campuran heterogen merupakan lawan dan kebalikan dari campuran homogen, campuran heterogen biasa juga disebut sebagai campuran kasar. Salah satu contoh mudah campuran heterogen adalah campuran pasir di dalam air.

Contoh lain dari campuran heterogen adalah Air dengan tanah, air dengan bensin, air dengan minyak tanah, air dengan minyak goreng, air dengan oli, Campuran pasir dan kapur.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
5
Lencana