Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

- Kamis, 24 November 2022 | 18:40 WIB
Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Cara memainkan alat musik Tifa adalah dengan cara ditabuh atau dipukul hingga mengeluarkan bunyi suara mirip seperti kendang.

Tifa ini merupakan alat musik tradisional khas Indonesia bagian Timur, khususnya untuk daerah Maluku dan Papua. Alat musik Tifa ini mempunyai bentuk yang menyerupai seperti kendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya. 

Jenis-jenis alat musik Tifa yang perlu diketahui, seperti Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong serta Tifa Bas.

Biasanya, fungsi dari Tifa ini hanya untuk instrumen pengiring tarian adat masyarakat Papua dan Maluku. 

Tetapi, jika dilihat lebih jauh lagi khususnya dalam hal sosial budaya, tifa ini sebagai bentuk kebesaran kepala suku dan menjadi alat musik yang bernilai sakral. 

Secara umum, alat musik tifa yang berasal dari Papua ini memiliki perbedaan mendasar saat dibandingkan dengan Tifa yang berasal dari Maluku. 

Perbedaan yang paling utama adalah dari bentuk Tifa, dimana untuk ukuran alat musik Tifa dari Papua ini jauh lebih besar dan panjang dari alat musik tifa asal Maluku. 

Selain itu, bagian samping Tifa juga terdapat semacam tali untuk pegangan dan suara yang dihasilkan oleh tifa Papua ini terdengar begitu khas.
 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya