Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Alat Musik dari Maluku dan Cara Memainkan

Alat Musik dari Maluku dan Cara Memainkan

- Selasa, 19 Juli 2022 | 15:00 WIB
Alat Musik dari Maluku dan Cara Memainkan

Selain memiliki kekayaan alam yang aduhai, Maluku selalu menawarkan kesenian dan kebudayaan yang masih lestari salah satu diantaranya yaitu alat musik tradisionalnya. 

Alat musik dari Maluku memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing yang biasanya digunakan sebagai pengiring musik, proses ibadah dan ritual adat. Contoh alat musik dari Maluku populer yang terkenal yaitu Tifa, Tahuri, Fu, totobuang, Idiokordo, jukulele, Rumba dan Bambu Hitada.

1. Tifa

Tifa adalah alat musik dari Maluku dan Papua. Bentuk alat musik ini seperti tabung yang dimainkan dengan cara dipukul. Biasanya, pemain musik memakai tongkat pemukul yang terbuat dari pelepah dahan sagu, yang disebut gaba-gaba.

Tifa juga memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk, dan suara yang dihasilkan, seperti: Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong, dan Tifa Bas.

2. Tahuri

Tahuri adalah alat musik dari kulit kerang yang sudah dikeringkan. Cara memainkan alat musik Tahuri ditiup sampai menghasilkan suara yang merdu dan harmoni. tahuri dipakai sebagai musik pengiring Tari Cakalele.

Tahuri diambil dari kata hua yang artinya pertama, sedangkan uri artinya uri bunyi. Tahuri berarti bunyi yang pertama keluar dari permukaan bumi. Dahulu alat musik ini dipakai sebagai tanda adanya peristiwa yang akan terjadi, memanggil dan menghormati leluhur.

3. Fu

Fu adalah Alat Musik Maluku Utara yang juga terbuat dari kerang. Cara memainkannya sama seperti tahuri, yaitu ditiup pada bagian yang berlubang. Fu menghasilkan suara yang keras dan berdengung. 

4. Totobuang

Totobuang adalah alat musik melodis yang memiliki nada-nada. Pada dasarnya, Totobuang berbentuk seperti gong yang berukuran lebih kecil dan tersusun berurutan sesuai ukuran nada yang berbeda.

Berdasarkan arti namanya, Totobuang mirip dengan gamelan yang berasal dari Jawa. Alat musik Maluku ini terbuat dari kuningan yang dimainkan dengan cara dipukul.

5. Idiokordo

Alat musik Idiokordo juga sering disebut dengan Tatabuhan. Secara sekilas, alat musik Idiokordo ini mirip dengan salah satu alat musik Jawa, yaitu siter. Cara memainkannya pun juga sama-sama dipetik.

Idiokordo memiliki 4 senar. Bahan utama dalam pembuatannya adalah kayu yang dibentuk sedemikian rupa, kemudian dibalut dengan ukiran-ukiran untuk menambah kesan estetik pada alat musik tersebut.

6. Jukulele

Jukulele adalah alat musik Maluku yang bentuknya mirip gitar. Alat ini terbuat dari tempurung kelapa, kayu dan senar. Ukuran ukulele lebih kecil dari gitar sekitar 40-50 sentimeter (cm). Alat musik ini biasanya menjadi pengiring hawaian.

7. Rumba

Rumba adalah sejenis alat musik ritmis yang dikategorikan dalam jenis instrumen perkusi. Alat musik Maluku ini dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan mengikuti irama musik.

Rumba terbuat dari tiga bahan utama, yaitu: bagian kepala yang berbentuk bulat terbuat dari batok kelapa, di bagian dalamnya diisi pasir kasar atau kerikil, kemudian pegangannya terbuat dari kayu yang berbentuk silinder.

8. Bambu Hitada

Bambu Hitada merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Maluku Utara.

Untuk memainkan alat musik ini sangatlah sederhana dan unik. Cara memainkannya dengan berkelompok, kemudian menghentakkan bambu secara bergantian dengan anggota kelompok yang lain.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya