Home » Kongkow » Sejarah » Alasan Agama Islam Mudah Diterima oleh Rakyat Indonesia

Alasan Agama Islam Mudah Diterima oleh Rakyat Indonesia

- Rabu, 20 Juli 2022 | 14:33 WIB
Alasan Agama Islam Mudah Diterima oleh Rakyat Indonesia

Pengaruh Islam mulai masuk ke Indonesia pada sekitar abad ke-7 hingga abad ke-16. Meski bukan agama pertama yang masuk ke nusantara, Islam menjadi agama yang dipeluk oleh mayoritas masyarakat Indonesia saat ini. 

Pada awalnya, agama Islam hanya dianut oleh sebagian penduduk nusantara. Hal ini dikarenakan masyarakat nusantara masih berada dalam kekuasaan kerajaan Hindu-Buddha. 

Setelah kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha mulai runtuh, agama Islam segera menyebar secara luas dengan munculnya kerajaan bercorak Islam. Melalui kerajaan-kerajaan bercorak Islam ini, agama Islam semakin berkembang pesat.

Baca juga:

Sejarah Awal Mula Masuknya Islam di Nusantara

Bagaimana Pertama kali Islam masuk ke Indonesia menurut Para Ahli?

Lantas, mengapa agama Islam mudah diterima oleh rakyat Indonesia?

Alasan mengapa agama islam mudah diterima oleh rakyat Indonesia (nusantara), sebab:

- Islam masuk ke nusantara dengan jalan damai melalui beberapa cara seperti perdagangan, kesenian, perkawinan, dan pendidikan.

- Syarat masuk islam mudah yaitu dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat

- Tata cara ibadah islam cenderung sederhana. Selain syarat masuknya yang mudah, pelaksanaan ibadahnya pun sangat sederhana dan tidak mengeluarkan biaya.

- Penyebaran dan dakwah agama islam menyesuaikan dengan tradisi masyarakat nusantara. Islam tidak frontal menentang dan memaksa adat setempat, namun Dengan toleransi yang dimiliki Islam dalam beragama, membuat orang semakin tertarik untuk memeluknya.

- Islam tidak mengenal adanya strata atau pelapisan sosial. Seseorang hanya dibedakan di mata Allah sesuai dengan kebaikan dan amalan yang dilakukan semasa hidupnya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya