Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Kapan Waktu Terakhir Fenomena Planet Sejajar?

Kapan Waktu Terakhir Fenomena Planet Sejajar?

- Jumat, 24 Juni 2022 | 14:00 WIB

Buat otakers yang belum sempat melihat fenomena planet sejajar dini hari tadi, kalian masih bisa melihatnya besok tanggal 25 sampai 26 Juni 2022.

Fenomena planet sejajar disebut sebagai konjungsi. Fenomena planet sejajar ini terjadi setiap 18 tahun sekali. Terakhir kali kelima planet tersebut sejajar dengan cara yang sama adalah pada tahun 2004.

Fenomena planet sejajar bisa disaksikan mulai subuh atau waktu terbaik untuk melihatnya yakni pukul 3:39 sampai matahari terbit. Waktu subuh disesuaikan dengan masing-masing wilayah, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. 

Baca juga:

Ciri-ciri 8 Planet Dalam Tata Surya

Teori Pembentukan Tata Surya

Fenomena planet sejajar kali ini tak lagi disebut konjungsi kuintet (lima benda langit) melainkan konjungsi sektet (enam benda langit). Karena tidak hanya lima planet saja yang terlibat namun planet Uranus juga ikut nampak dalam fenomena planet sejajar ini. Oleh sebab itu, Kelima planet, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, secara kasat mata dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantu. Bulan sabit juga dapat dilihat di antara Venus dan Mars. Sementara untuk mengamati Uranus memerlukan teleskop minimal berukuran lensa 10 cm. 

Saat melihat fenomena planet sejajar, pastikan memilih tempat dengan pemandangan cakrawala timur dan selatan yang tidak terhalang, sehingga dapat melihat bulan dan planet dengan jelas.

Cari Artikel Lainnya