Home » Kongkow » Travel » Fakta Unik Singapura

Fakta Unik Singapura

- Selasa, 17 November 2020 | 18:00 WIB
Fakta Unik Singapura

Singapura merupakan negara maju yang memiliki sejumlah fakta menarik. Salah satunya, di negara ini terdapat larangan menjual dan mengunyah permen karet, lo!

Singapura adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semananjung Malaya, 137 kilometer di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Ibu kota Singapura terletak di Singapura itu sendiri.

Pasalnya, seluruh wilayahnya sama dengan wilayah ibu kota Singapura, karena merupakan negara City StateCity State sendiri merupakan suatu wilayah yang dikelola secara eksklusif (spesial) yang biasanya memiliki kedaulatan penuh.

Singapura memiliki luas sebesar 725,7 kilometer persegi dan mempunyai empat bahasa resmi, yakni Inggris, Melayu, Mandarin, dan Tamil Negara dengan ikon singa ini memiliki sejumlah fakta menarik, lo!

Mau tahu apa saja fakta-fakta tersebut? Langsung saja simak ulasannya berikut ini, yuk!

7 Fakta Unik Negara Singapura

1. Warganya Banyak yang Tinggal di Apartemen

rumah susun

Banyak penduduk Singapura yang menghuni apartemen atau rumah susun (rusun). Apartemen atau rumah susun di negeri singa tersebut digarap oleh pemerintah Kementerian Pembangunan Nasional melalui Housing & Development Board (HDB).

Hunian yang telah dibangun HDB kini telah mencapai 1,020 juta properti. Terdapat lebih dari 80 persen penduduknya tinggal di perumahan yang disediakan oleh pemerintah ini.

Ada sebanyak 91,8 persen hunian ditujukan untuk penjualan. Sementara itu, 5,4 persen lainnya disewakan dan sisanya digunakan untuk berbagai kepentingan aktivitas bisnis.

Dikutip dari situs hdb.gov.sg, sudah ada 26 perumahan HDB yang berdiri di lima bagian wilayah Singapura. Beberapa di antaranya ialah perumahan Sembawang, Punggol, dan Tampines.

2. Larangan Menjual & Mengunyah Permen Karet

Di Singapura terdapat peraturan untuk tidak memproduksi, menjual dan mengonsumsi permen karet. Hal ini bukan tanpa alasan. Pada tahun 1987 saat MRT mulai beroperasi, terdapat oknum-oknum pengunyah permen karet yang tidak bertanggung jawab.

Mereka menempelkan sisa permen karet yang telah dikunyah ke sensor pintu MRT yang mengakibatkan pintu tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain mengganggu pelayanan publik, hal ini tentunya akan menyebabkan kerusakan dengan total biaya yang tidak sedikit.

Akhirnya di tahun 1992, perdana menteri kedua Singapura, yaitu Goh Chok Tong memutuskan larangan mengunyah permen karet.

3. Wajib Menikah di Atas Usia 30 Tahun

pasangan

Di Singapura, orang-orang yang berusia di atas 30 tahun sudah harus menikah. Bahkan, pemerintah juga turut berperan dalam peraturan ini.

Langkah yang telah dilakukan pemerintah adalah bekerja sama dengan agen biro jodoh Social Develompment Unit (SDU) untuk membantu warga menemukan pasangan hidup.

4. Tidak Boleh Ada Bangunan Lebih dari 280 Meter

Di negara singa ini, hampir semua hal memiliki peraturan, termasuk dalam mendirikan bangunan. Jika hendak mendirikan bangunan, peraturannya tidak boleh melebih 280 meter.

Saat ini hanya terdapat tiga gedung yang memiliki ketinggian 280 meter, yaitu Republic Plaza, United Overseas Bank Plaza One, dan Overseas Union Bank Centre.

5. Punya Air Terjun Indoor Tertinggi di Dunia

Garden by the Bay

Kemajuan teknologi dan infrastruktur di Singapura memang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, negara ini adalah salah satu negara maju terbaik.

Maka, tak mengherankan kalau Singapura memiliki air terjun tertinggi di dunia. Air terjun ini berdiri di atas lahan hasil reklamasi di Garden by the Bay.

Di dalam Garden by the Bay, pengunjung bisa menikmati pemandangan berbagai macam tanaman dan bunga dari berbagai belahan dunia.

Selain itu, pengunjungnya juga bisa menyaksikan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 35 meter.

6. Memiliki Kebun Binatang Malam Hari Pertama di Dunia

kebun binatang singapura

Sumber: klook.com

Di Singapura, terdapat objek wisata yang menarik yakni The Night Safari.

The Night Safari merupakan kebun binatang malam hari pertama yang ada di dunia yang buka dari pukul 19.15 hingga 21.00.

Di tempat ini, terdapat sejumlah hewan liar terlengkap dan terkenal di dunia.

Pengunjungnya juga akan mendapatkan pengalaman berbeda karena akan diajak berkeliling kebun binatang dengan menggunakan kendaraan semacam kereta dengan rel atau jalan khusus (trem).

7. Memiliki Bandara Terbaik di Dunia

Bandara Changi Singapura mendapatkan predikat bandara terbaik di dunia oleh Skytrax di World Aiport Awards 2017.

Penghargaan ini merupakan kelima kalinya secara berturut-turut yang berhasil didapatkan oleh bandara tersebut.

Selain bandara terbaik, Bandara Changi juga berhasil menyabet predikat bandara terbaik di Asia dan bandara dengan fasilitas rekreasi terbaik.

Hal itu berkat sejumlah fasilitas yang mumpuni seperti layanan check-in, kedatangan, belanja, transfer, keamanan, imigrasi, dan gerbang keberangkatan.

Cari Artikel Lainnya