Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Siapa yang Menciptakan Sekolah?

Siapa yang Menciptakan Sekolah?

- Selasa, 18 Mei 2021 | 09:00 WIB
Siapa yang Menciptakan Sekolah?

Suka atau tidak suka, sistem pendidikan kita dihormati secara luas. Ini memperkuat pengetahuan teoritis dan memungkinkan siswa dari setiap disiplin ilmu untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang subjek mereka, yang membantu mereka memilih jalur karir di bidang yang ditentukan tersebut.

Saat ini, sebagian besar negara telah mewajibkan pendidikan formal. Namun, tidak selalu seperti itu. Sekolah-sekolah paling awal lebih fokus pada pengajaran nilai-nilai agama dan menyebarkan keterampilan, daripada memberikan pelajaran pada mata pelajaran tertentu.

Tapi siapa sebenarnya yang menemukan sekolah pertama?

Agak sulit untuk dijawab karena konsep pengelompokan siswa di satu lokasi untuk belajar telah ada sejak abad ke-8 SM. Namun, disini dijelaskan bagaimana sekolah kuno dimulai dan siapa yang berkontribusi pada penemuan pendidikan modern.

Siapa yang Menciptakan Sekolah?

Bagaimana Konsep Sekolah Lahir?

Pendidikan berawal dari manusia purba. Bagaimana? Untuk bertahan hidup, setiap generasi menekankan perlunya meneruskan pengetahuan, keterampilan, tradisi, dan nilai yang diperoleh kepada generasi berikutnya. Semua generasi berikutnya harus diajar untuk mengembangkan informasi yang ada dan menjadikan masa depan mereka lebih baik. Manusia purba tidak membutuhkan lembaga apapun untuk menyampaikan informasi. Mereka mengajar anak-anak mereka di rumah mereka. Namun, ketika populasi bertambah dan masyarakat yang berbeda terbentuk, orang-orang menyadari bahwa akan lebih efisien mendidik sekelompok besar anak di satu lokasi.

Sekolah Formal Kuno

Sekolah formal sudah ada sejak abad ke-12 SM. Yunani kuno, misalnya, mendirikan beberapa sekolah swasta yang mengajarkan cara membaca, menulis, mengutip karya sastra, dan memainkan alat musik. Pada abad ke-3 SM, sekolah Romawi mengubah praktik pendidikan mereka, mereka mulai mengajar sastra dan aritmatika, selain tradisi Romawi, pertanian, peperangan, dan urusan publik.

Pada abad ke-3 SM, sekolah Romawi mengubah praktik pendidikan mereka, mereka mulai mengajar sastra dan aritmatika, selain tradisi Romawi, pertanian, peperangan, dan urusan publik.

India kuno memiliki gurukuls, suatu jenis sistem pendidikan di mana seorang guru tidak menerima bayaran apapun dari siswanya, dan hubungan antara seorang guru dan siswanya dianggap sangat sakral. Beberapa gurukul masih ada di India, dan para peneliti telah mempelajari keefektifan lembaga-lembaga tersebut

Siapa yang Menciptakan Sekolah?

Gurukul di India

Di Cina, beberapa aliran dan filsafat (Ratusan Sekolah Pemikiran) berkembang antara abad ke-6 dan 221 SM. Ini adalah era kemakmuran dan perkembangan budaya yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di Eropa Barat, banyak sekolah katedral didirikan antara abad 6 dan 10 yang mengajarkan berbagai mata pelajaran mulai dari matematika hingga sastra.

Meskipun tidak lagi menjadi situs penting untuk pendidikan tinggi, beberapa di antaranya masih beroperasi sebagai sekolah dasar atau menengah. Sekolah biara juga didirikan di Barat Latin untuk mengajarkan mata pelajaran agama dan sekuler.

Di Eropa Barat, banyak sekolah katedral didirikan antara abad 6 dan 10 yang mengajarkan berbagai mata pelajaran mulai dari matematika hingga sastra. Meskipun tidak lagi menjadi situs penting untuk pendidikan tinggi, beberapa di antaranya masih beroperasi sebagai sekolah dasar atau menengah. Sekolah biara juga didirikan di Barat Latin untuk mengajarkan mata pelajaran agama dan sekuler.

Sistem lain yang mengembangkan sistem sekolah adalah Islam. Ini berfokus pada distribusi pengetahuan secara sistematis. Awalnya, masjid menggabungkan kegiatan belajar dengan pertunjukan keagamaan, dan kemudian sekolah umum (disebut madrasah) dibangun pada abad ke-9 untuk pendidikan dasar dan pendidikan tinggi.

Pada abad ke-14, Kekaisaran Ottoman merevolusi sistem pendidikan. Ini membuat sekolah dapat diakses oleh lebih banyak orang melalui akomodasi gratis, makanan gratis, dan perawatan kesehatan.

Selama Abad Pertengahan dan Periode Modern Awal, ribuan sekolah didirikan, sebagian besar berfokus pada pengajaran bahasa Latin. Ini melahirkan istilah baru sekolah tata bahasa, yang dikenal sebagai sekolah dasar di AS. Akan tetepi di Inggris, ini mengacu pada sekolah yang memilih siswa berdasarkan bakat atau kemampuan. Sejak saat itu, sistem sekolah telah berkembang cukup luas dengan memasukkan mata pelajaran seni dan teknis.

Siapa Penemu Pendidikan Modern?

Umumnya, penghargaan untuk mengembangkan dan memodernisasi sekolah diberikan kepada politisi Amerika Horace Mann. Pada tahun 1837, ia menjadi Sekretaris Pendidikan di Massachusetts dan mendirikan sistem pendidikan baru di mana hanya guru profesional dan terampil yang akan mengajar siswa kurikulum konten dasar yang terorganisir.

Siapa yang Menciptakan Sekolah?

Daguerreotyp asli dari Horace Mann (1849)

Mann mengunjungi hampir semua sekolah di Massachusetts untuk memeriksa cara kerjanya. Dia juga pergi ke beberapa sekolah Eropa untuk menganalisis pola pengajaran mereka. Pada tahun 1838, ia menulis jurnal bernama The Common School Journal yang menargetkan sekolah-sekolah umum dan isu-isu di dalamnya. Dia menyebutkan enam aturan penting:

1. Warga negara seharusnya tidak tetap cuek.

2. Masyarakat harus membayar untuk pendidikan terkontrol.

3. Sekolah harus menyediakan pendidikan yang dapat merangkul siswa dari berbagai latar belakang.

4. Pendidikan tidak boleh berafiliasi dengan atau terbatas pada kelompok agama tertentu.

5. Pendidikan harus menggunakan prinsip masyarakat bebas.

6. Guru harus terlatih dengan baik.

Meskipun prinsip-prinsip ini cukup kontroversial pada saat itu, prinsip-prinsip tersebut akhirnya diadopsi oleh sebagian besar negara bagian AS. Dan itulah alasannya, Horace Mann terkadang disebut sebagai ‘Bapak Gerakan Sekolah Umum’.

Pada tahun 1852, Mann menjadi presiden dari Antioch College yang baru didirikan di Ohio, tempat dia bekerja sampai kematiannya. Dia mengajar teologi, filsafat, dan ekonomi. Dia juga mempekerjakan guru perempuan pertama (keponakannya Rebecca Pennell) yang dibayar sama untuk pekerjaan yang sama sebagai pendidik laki-laki.

Siapa yang Menciptakan Sekolah?

Catherine Beecher

Pendukung utama Pergerakan sekolah umum lainnya adalah Catherine Beecher. Dia memberikan beberapa kontribusi penting untuk pendidikan perempuan dan sangat mendukung penggabungan taman kanak-kanak ke dalam pendidikan anak-anak.

Beecher dikirim ke sekolah swasta (di Connecticut) pada usia 10 tahun, di mana dia mempelajari mata pelajaran dan kegiatan terbatas yang tersedia untuk gadis-gadis muda. Dia ingin belajar lebih banyak, jadi dia belajar sendiri beberapa mata pelajaran tambahan, termasuk Latin, filsafat, dan matematika.

Pada tahun 1823, Beecher mendirikan Hartford Female Seminary di Connecticut, salah satu lembaga pendidikan besar pertama untuk wanita di AS. Dalam empat tahun, itu telah mendaftarkan lebih dari 100 siswa. Beecher segera menyadari tanggung jawab sekolah umum untuk mendidik anak-anak untuk perkembangan fisik, moral, dan intelektual. Dia mempromosikan berbagai program pelatihan pendidik, dengan menekankan bahwa pekerjaan guru lebih penting bagi masyarakat daripada dokter atau pengacara.

Ia percaya bahwa wanita memiliki kualitas pengajaran yang lebih tinggi daripada pria. Dia memodifikasi cara sistematis mengajar menjadi pekerjaan perempuan, alih-alih profesi yang bisa dikembangkan perempuan.

Henry Barnard juga berjasa karena merevolusi sistem pendidikan. Sebagai anggota Dewan Perwakilan Connecticut (1837-1839), ia merancang dan mengesahkan rancangan undang-undang untuk pengawasan yang lebih baik di sekolah umum. Dia juga membentuk dewan ‘komisaris sekolah umum,’ yang mereformasi sistem sekolah umum.

Siapa yang Menciptakan Sekolah?

Henry Barnard

Barnard juga mendirikan Institut Guru Rhode Island pertama pada tahun 1845. Dia menjabat sebagai komisaris pertama sekolah umum di Negara Bagian Rhode Island dan Perkebunan Providence antara tahun 1845 dan 1849. Selama periode ini, dia mengambil banyak langkah besar untuk mengatur ulang (meningkatkan) sistem sekolah.

Pada tahun 1905, Kementerian Pendidikan di Prancis meminta psikolog Alfred Binet mengembangkan teknik untuk menyaring siswa berdasarkan penampilan mereka di kelas reguler. Tujuannya adalah untuk menentukan siswa yang tidak belajar secara efektif dan mengatur kursus perbaikan untuk mereka.

Siapa yang Menciptakan Sekolah?

Binet, bersama dengan mahasiswa kedokterannya Theodore Simon, mengerjakan tes baru untuk mengukur kecerdasan. Mereka datang dengan tes IQ praktis pertama yang mengukur kinerja pada skala Binet-Simon. Dalam tiga tahun, mereka merevisi skala (dengan menghapus, mengubah, menambahkan tes) menurut tingkat usia dari 3 menjadi 13 tahun.

Sebagian besar sekolah umum sebelumnya adalah sekolah satu ruangan, di mana seorang pendidik mengajarkan dasar-dasar akademis kepada beberapa tingkatan kelas anak-anak usia dasar. Pada awal abad ke-20, sekolah satu ruangan ini digabungkan menjadi beberapa ruang kelas dengan fasilitas transportasi yang disediakan oleh bus sekolah dan retasan anak.

Siapa yang Menciptakan Sekolah?

Sekolah satu ruang di Alabama (1935)

Peralihan dari pendidikan tradisional ke modern memang memakan waktu lama, dan sekarang perubahan itu meluas. Saat ini, ada lebih dari 130.900 sekolah di Amerika Serikat, menurut Pusat Statistik Pendidikan Nasional Amerika. Dan lebih dari 50 juta siswa belajar di sekolah umum Amerika.

Siswa di sebagian besar negara menerima beberapa manfaat yang tidak hanya akan menambah pengetahuan mereka tetapi juga akan membuka pintu untuk karir menguntungkan dan bergaji tinggi yang mereka impikan.

Cari Artikel Lainnya