0
20
0
5 Manfaat Konsumsi Udang Bagi Kesehatan, Baik untuk Kulit Juga
3 weeks 'ago'

Udang merupakan salah satu hasil laut yang banyak diminati masyarakat. Hal ini karena pada udang terkandung senyawa aktif yang bermanfaat kesehatan. Senyawa aktif memiliki peran penting untuk, pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Nah berikut 5 manfaat dari mengonsumsi udang bagi kesehatan, jangan disepelehkan ya!

1. Membantu perkembangan otak anak

Salah satu manfaat udang bagi kesehatan adalah membantu perkembangan otak anak. Hal ini karena udang memiliki asam lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6 yang cukup tinggi. Omega-3 dan omega-6 tesebut diketahui mampu mengatur pertumbuhan dan perkembangan organ serta jaringan anak dengan maksimal perkembangan otak pada anak.

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat lain yang dimilki oleh udang adalah mampu mencegah penuaan dini. Udang mengandung astaksantin dengan memiliki sifat sebagai antioksidan yang kuat, serta aplikasinya luas dalam dunia kosmetik. Sifat antioksidan yang dimiliki udang membuatnya mampu melawan radikal bebas.

Pada kulit, radikal bebas menyebabkan garis-garis dan keriput dengan menghancurkan kolagen yang memberikan kulit muda dan elastis. Ketika antioksidan menetralisir radikal bebas, antioksidan melindungi terhadap kerusakan dan juga dapat membantu memperbaiki jaringan kolagen serta menghambat penuaan dini.

3. Bermanfaat bagi ibu hamil

Tak cukup sampai di situ, kandungan asam lemak (omega-3) tak jenuh yang dimiliki udang, juga dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Omega-3 diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan kognitif bayi dan ibu hamil.

4. Menurunkan resiko obesitas

Manfaat lain dari mengonsumsi udang adalah menurunkan resiko obeositas. Asam lemak tak jenuh (DHA) yang dimilikinya berperan penting dalam terapi penderita hipertrigliseridemia yang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya obesitas.

5. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi udang juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol. Hasil penetitian menunjukan bahwa senyawa yang dimiliki udang berperan dalam mengatur dan menurunkan LDL. Kolesterol LDL biasanya disebut sebagai kolesteeol jahat.

Nah itulah 5 manfaat mengonsumsi udang bagi kesehatan. Meskipun sangat bermanfaat, kampu perlu untuk menjaga akan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow