0
268
0
7 Makanan Pengusir Stres, Yang Nomer 5 Gak Nolak Deh
1 month 'ago'

Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental. Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress, disebut strain.

Tidak ada yang salah apabila Anda kemudian lari pada makanan untuk menenangkan diri dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Toh memang pada dasarnya setiap orang punya caranya sendiri-sendiri untuk melepaskan diri dari stres. Faktanya, saat stres menyerang, otak jadi seperti kehabisan baterai dan energi. Rasanya sulit untuk berpikir jernih bukan? Pun demikian, jangan sembarangan memilih makanan pelepas stres ya. Pilihlah dengan benar, makanan yang memang tidak membahayakan kesehatan dan ampuh menendang stres dari tubuh Anda.

 

Berikut adalah beberapa daftar makanan pengusir stres yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

1. Susu

Susu putih membantu Anda merasa lebih rileks, melepaskan beban di bahu dan membuat Anda tidur lebih nyenyak. Adalah kandungan tryptophan di dalamnya yang membantu memproduksi hormon serotonin. Serotonin sendiri adalah hormon yang membantu Anda merasa senang dan menggiring Anda pada tidur nyenyak.Disarankan agar susu putih yang dipilih adalah dalam keadaan hangat, dan sebaiknya tidak ada tambahan gula berlebihan.

2. Madu

Madu punya kandungan tryptophan yang tidak membuat tubuh merasa ketergantungan. Namun madu dapat melepaskan stres dari dalam tubuh dan membuat semua bagian tubuh serta otak jadi rileks. Anda dapat menambahkan madu ini dalam susu atau teh serta makanan lainnya.

3. Sup

Sup ayam selain dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, juga dapat menenangkan pikiran serta membuat Anda jadi lebih rileks. Sup umumnya memang mengandung aneka bahan dari protein hingga vitamin yang terkandung dalam ayam serta sayuran.

4. Telur

Tak hanya susu, telur juga sumber makanan yang dapat menghilangkan stres di tubuh. Adalah kandungan amino acid yang digabung dengan tryptophan yang dapat membuat otak dan tubuh jadi lebih rileks. Telur bisa disajikan saat sarapan ataupun di menu makan siang.

5. Dark chocolate

Jangan salah pilih cokelat. Cokelat yang memang membantu untuk merelakskan adalah dark chocolate, yang punya kandungan tryptophan dan mampu memproduksi hormon serotonin. Pilihlah dark chocolate yang memang tinggi kandungan kakaonya.

6. Teh

Sudah sejak dahulu kala, teh dijadikan sebagai minuman yang mampu merelakskan tubuh. Kandungan L-theanin, serta flavonoidlah yang membantu meredakan stres. Anda bisa menambahkan kemangi, lemon, atau chamomile.

7. Seafood

Seafood kaya kandungan magnesium, zinc dan selenium. Kesemua bahan tersebut punya manfaat untuk meredakan stres di dalam tubuh. Kandungan-kandungan tersebut akan melawan stres dan membantu melepaskan hormon yang merelakskan.

Jadi, setiap Anda merasa stres ini mulai mengganggu, prioritaskan menu makanan di atas. Dan jangan lupa berolahraga untuk membantu tubuh dan otak jauh lebih relaks.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow