Berita
List
Daftar
0



6 days 'ago'
Juara 2 MBS Tingkat Kota Probolinggo

Pendidikan adalah komponen penting dalam majunya peradaban suatu bangsa. Telah banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Namun, dirasa masih belum memberikan pengaruh yang optimal dan signifikan. Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu hal demikian terjadi. Faktor pemicu tersebut adalah; kebijakan penyelenggaraan pendidikan nasional yang berorientasi pada hasil, penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan secara sentralistik, dan kurangnya keterlibatan peran serta masyarakat terkhusus orang tua siswa.

 

 

Untuk memaksimalkan peningkatan pendidikan, Pemerintah mengupayakan penyelenggaraan pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah proses mengelola sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif secara langsung semua komponen warga sekolah, yaitu; kepala sekolah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat.

 

 

Manajemen Berbasis Sekolah adalah salah satu upaya untuk mengikutsertakan seluruh komponen warga sekolah untuk bersama-sama membangun pendidikan, sehingga tanggung jawab terhadap perkembangan pendidikan tidak berada di satu tangan. Semoga pelaksanaan MBS yang keberlanjutan dapat menaikkan statistik peningkatan mutu pendidikan. Akhirnya, selamat dan berkah untuk segenap civitas akademika SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo sebagai Juara 2 Manajemen Berbasis Sekolah Berorientasi Pelayanan Publik Berfokus Pada Mutu dan Kinerja Jenjang SD Se Kota Probolinggo tahun 2021.

utakatikotak
0
utakatikotak
utakatikotak
utakatikotak