Berita
List
Daftar
0



6 days 'ago'
Inovasi Tiada Henti

Tema lomba INOBEL Tahun ini dalam rangka Hari Guru Nasional dan Hari Jadi Kota Probolinggo Ke 662 adalah Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan, bersama kita bisa menuju Kota Probolinggo Hebat dan Handal.”

 

Berkenaan dengan tema tersebut inovator dalam hal ini Akhmad Baktiyar Zamzami yang mengampu mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 A – 6 A dan 5 D – 6 D menjelaskan bahwa strategi BARANG UNGSI (Baca, Rangkum, Unggah lalu Diskusi) merupakan strategi penugasan yang bentuknya adalah pengungkapan, penguasaan, pemahaman, kemandirian dan kolaborasi atas materi bacaan Ramadhan bulan yang indah untuk dipergunakan dalam pelaksanaan pembelajaran atau pembimbingan melalui strategi BARANG UNGSI (Baca, Rangkum, Unggah lalu Diskusi).

 

Seperti yang kita ketahui bersama daya baca terhadap literasi konvensional peserta didik kita begitu rendah, sehingga ketika digitalisasi menyapa mereka dalam genggaman, kita harus memanfaatkannya. Diawali dengan mengirimkan teks bacaan bisa berupa Microsoft Word, Power Point, PDF atau lainnya, kemudian peserta didik diminta untuk merangkumnya sesuai dengan kemampuan.

 

Selanjutnya, mengunggah hasil rangkuman di grup Whatshaap PAI dan Budi Pekerti, untuk kemudian didiskusikan bersama, dengan saling berkomentar. Lebih lanjut bahan diskusi yang sudah diunggah akan dipecahkan bersama dalam dinamika kelompok untuk mendapatkan solusi dalam upaya memperoleh pemahaman dan kemampuan mengaktualisasikan dalam bentuk hasil belajar. Dalam inovasi ini diharapkan strategi BARANG UNGSI (Baca, Rangkum, Unggah lalu Diskusi) dapat membentuk peserta didik biasa mengungkapkan kesulitan yang dihadapi untuk dipecahkan sehingga hasil belajarnya menjadi baik.

 

Dan terciptalah karya Inovasi pembelajaran dengan judul “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DENGAN METODE BARANG UNGSI (BACA, RANGKUM, UNGGAH LALU DISKUSI) PADA KELAS V A SD NEGERI SUKABUMI 2 KOTA PROBOLINGGO” Hasil karya ini memberikan kontribusi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada khususnya, dan bidang lain pada umumnya baik dengan kearifan lokal yang kita miliki maupun yang berbasis teknologi dan internet dalam penerapan keterampilan pembelajaran Abad 21.

 

Dan Alhamdulilah metode & strategi pembelajaran yang sudah diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo pada kelas 5 materi tema Bulan Ramadhan Yang Indah ini telah berhasil meraih Juara 2 dalam lomba INOBEL Jenjang SD/MI tingkat Kota Probolinggo. Semoga senantiasa menginspirasi dan memotivasi tenaga pendidik yang nlain untuk selalu berprestasi dan berinovasi.

utakatikotak
0
utakatikotak
utakatikotak
utakatikotak