Berita
List
Daftar
0



2 weeks 'ago'
PPKn TEMA 2 SUBTEMA 4

MATERI KELAS III SDN SUKABUMI 2 KOTA PROBOLINGGO

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

TEMA 2                                      :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Subtema 4                                :  Menyayangi Hewan

Muatan Pelajaran                    :  PPKn

Materi pembelajaran PPKn KD 3.3 dan 4.3

PEMBAGIAN TUGAS

            Pada kegiatan yang dilakukan secara berkelompok, perlu dilakukan pembagin tugas. Tujuannya agar seluruh tugas yang dikerjakan dapatselesai dengan baik. Jika tidak dilakukan pembagian tugas, sering kali terjadi ketidak seimbangan dalam pengerjaan tugas-tugas tersebut. Sebagai contoh, karena tidak ada pembagian tugas, mayoritas orang memilih mengerjakan tugas-tugas ringan, sehingga tugas-tugas berat menjadi terbengkalai.

            Terdapat beberapa hal, yang perlu diperhatikan saat melakukan pembagian tugas. Pertama, jumlah yang mengerjakan tugas berat lebih banyak jumlahnya dari jumlah orang yang mengerjakan tugas ringan. Kedua, pembagian tugas harus dilakukan secara adil sesuai kemapauan setiap orang. Ketiga, pembagian tugas juga perlu memperhatikan sikap masing-masing orang. Dalam hal ini, tugas-tugas penting sebaiknya diberikan kepada orang-orang yang memiliki rasa tanggung jawab.

PERAN SETIAP ORANG

            Setiap orang memiliki perannya masing-masing dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang berperan sebagai guru, pelajar, kepala sekolah, polisi, dan sebagainya. Setiap orang juga memiliki tugas-tugas sesuai peran yang ia miliki. Sebagai contoh, seorang pelajar memiliki tugas untuk belajar dengan rajin dan mematuhi perintah maupun tugas yang diberikan oleh guru.

            Agar kehidupan dapat berjalan dengan tentram dan harmonis, setiap orang perlu menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin. Melaksanakan tugas sesuai perannya masing-masing merupakan salah satu bentuk kerja sama. Contoh bentuk kerjasama yang lain adalah dengan saling membantu dengan orang-orang yang memiliki tugas yang sama.

 

Selamat Belajar

 

 

utakatikotak
0
utakatikotak
utakatikotak
utakatikotak