0
1
0
Pelayanan Perpustakaan One Stop Pepet
9 months 'ago'

Perpustakaan merupakan sarana yang menjadi kebutuhan bagi siswa untuk membuka wawasan yang seluas – luasnya melalui berbagai sumber ilmu pengetahuan yang ada di dalamnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, SMPN 4 Kota Probolinggo mencoba untuk mewujudkan sebuah perpustakaan yang memenuhi standar dan memenuhi kebutuhan warga sekolah diantaranya sarana dan prasarana, koleksi buku, petugas khusus (pustakawan), penataan ruangan yang menjadikan pelayanan yang ada di perpustakaan menjadi maksimal. Dengan kelengkapan dan baiknya pelayanan ini kami menyebutnya dengan “Pelayanan Perpustakaan One Stop Pepet”.

Nama “Pelayanan Perpustakaan One Stop Pepet” ini terinspirasi dari sebuah istilah dalam Bahasa inggris “One Stop Shopping” yang berarti toko atau pusat belanja serba ada. Sedangkan PEPET sendiri adalah akronim dari kata Pelayanan Cepat

Dengan “Pelayanan Perpustakaan One Stop Pepet” ini, selain fasilitas atau sumber belajar yang tersedia sudah serba ada juga terdapat fasilitas pelayanan yang serba digital. Siswa sudah tidak perlu menulis manual untuk mengisi buku pengunjung, mereka cukup menempelkan barcode yang terdapat di kartu pelajar mereka. Begitu juga dalam peminjaman dan pengembalian buku, mereka tidak lagi menggunakan kartu pinjaman, Karena sudah terintegrasi dengan program digital yang sudah tersedia. Sehingga segala pelayanan tidak membutuhkan waktu yang banyak, bahkan bias memberikan pelayanan kepada masing – masing siswa dalam waktu 5 – 10 detik saja.

Program “Pelayanan Perpustakaan One Stop Pepet” adalah sebuah pelayanan dimana siswa dapat mengakses atau mendapatkan segala pengetahuan hanya dalam satu ruangan yaitu di dalam perpustakaan SMPN 4 Kota Probolinggo. Para siswa dapat mendapatkan pengetahuannya tidak hanya bersumber pada koleksi buku saja, tetapi mereka dapat mengakses digital library atau pengetahuan yang lain dengan mengakses internet yang sudah tersedia.

Sebenarnya program ini sudah banyak dikembangkan di perpustakaan – perpustakaan pusat sebuah universitas atau kota – kota besar. Tetapi di sebuah sekolah terutama tingkat sekolah menengah pertama masih jarang ditemukan bahkan masih belum dikembangkan di kota probolinggo. Jadi keunikan program ini adalah dari sisi pelayanan, pelayanan yang masih jarang digunakan oleh perpustakaan sekolah yaitu pelayanan yang cepat dan perpustakaan serba ada sehingga membuat siswa tertarik dan senang untu mengunjungi dan membaca di perpustakaan.

“Pelayanan Perpustakaan One Stop Pepet”  ini telah meraih penghargaan 2 (dua) tahun berturut – turut, pada tahun 2016 juara I dalam lomba Manajemen Berbais Sekolah kategori pelayanan perpustakaan terbaik. Pada tahun 2017 meraih juara III penghargaan Gelar Inovasi Pelayanan Publik (GIPP)

 

 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow