Berita
List
Daftar
0



6 years 'ago'
Outdoor Study (Pembelajaran di luar kelas)

Kegiatan belajar mengajar juga harus dilaksanakan secara optimal agar mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, kemudian tujuan pengajaran akan berjalan aktif apabila peserta didik berusaha aktif mencapainya.

Banyak sekali teknik pembelajaran yang dikenal dalam pendidikan. Teknik pembelajaran sebagai jalan atau alat. Media yang digunakan guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik ke arah tujuan yang ingin dicapai. Pengajaran yang dipilih haruslah sesuai dengan pelajaran yang digunakan seirama dengan pendekatan yang digunakan.

Outdoor Study (Pembelajaran di luar kelas) dipilih sebagai teknik pembelajaran siswa MA Sunan Giri karena proses pembelajaran siswa harus benar-benar menyenangkan sehingga siswa betah untuk belajar. Hal ini menjadi salah satu upaya terciptanya pembelajaran yang terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya di kelas.

Kelebihan belajar di luar kelas adalah:

1. Mendorong motivasi belajar .

Karena menggunakan seting di luar kelas, memandang langit, awan dengan pohon-pohon hijau , situasi alam, maka menimbulkan kegembiraan dan kesenangan,

2. Guru mampu menciptakan eksplorasi, menjadikan belajar seperti bermain.

Karena ruangnya berdekatan dengan alam, maka memungkinkan terciptanya eksplorasi di alam dengan inspirasi keadaan luar kelas.

3. Pembelajaran di luar kelas adalah pembelajaran konkrit. Siswa dihadapkan benda-benda yang nyata, tidak teoritis seperti menghadapi buku pelajaran.

Bila di dalam kelas siswa hanya berkutat dengan buku, di luar kelas bisa menjadi tempat menciptakan benda-benda konkrit yang teorinya ada di buku.

4. Mengerjakan aktifitas fisik dan kreatifitas karena menggunakan strategi belajar sambil melakukan pekerjaan.

 

utakatikotak
0
utakatikotak
utakatikotak
utakatikotak