Berita
List
Daftar
0



6 years 'ago'
Inilah 5 Cara Agar Tidak Malas Belajar, Dijamin Semangat

n mengandalkan kebetulan atau keberuntungan saja. Padahal keberuntungan hanya beberapa persen dari 100% kesuksesan.

Banyak sekali dampak negatif yang diberikan rasa malas, pertama biasanya teman-teman akan menjauh perlahan. Hal ini dikarenakan banyak diantara mereka yang berfikir bahwa dunia ini adalah persaingan, maka dari itu jika kita hanya malas-malas saja bisa dipastikan kita akan jauh tertinggal dibelakang. Lalu bagaimana cara agar tidak malas belajar lagi? Cobalah cara-cara berikut ini, semoga bisa membantu.

  1. Buat Reward atau Hukuman

Cara agar tidak malas belajar adalah dengan membuat sendiri reward atau hukuman apabila hasil yang diinginkan sesuai atau tidak nantinya. Dengan demikian bisa memacu semangat untuk belajar dan tentunya melatih sikap disiplin dalam diri. Rasa malas bisa dilawan dengan membiasakan diri atau melatih diri untuk displin atau dengan kata lain bisa dilawan dengan cara menumbuhkan semangat belajar.

  1. Cobalah Belajar Dengan Menikmati Suasana Baru

Cara agar tidak malas belajar yang kedua adalah dengan menikmati suasana baru, bagaimana maksudnya? Suasana baru yang dimaksudkan disini adalah suasana yang belum biasa kita rasakan. Mislakan saja kamar dalam keadaan berantakan maka cobalah untuk sedikit merapikannya dan suasana baru akan memunculkan minat untuk belajar, lalu bandingkan dengan suasana sebelumnya.

  1. Lakuakan Refreshing

Cara agar tidak malas belajar adalah dengan melakukan refreshing. Otak yang sudah mulai penat akan menjadi segar dan bugar kembali ketika sudah di segarkan. Banyak cara untuk melakukan refresh otak, bisa dilakukan dengan sedikit berlibur atau dengan melakukan meditasi sederhana. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kembali kinerja otak agar bisa bekerja maksimal kembali.

  1. Belajarlah Sebentar Tapi Rutin

Yang membua kita malas belajar kadang karena kebiasaan kita menggunakan sistem belajar SKS atau lebih akrab disebut belajar sistem kerja semalam. Melakukan belajar yang sekaligus seperti ini sebenarnya adalah memaksakan kinerja otak sehingga bisa dipastikan akan mudah bosan dan akhirnya kebiasaan ini bisa membuat malas untuk belajar. Jadi cobalah untuk belajar sebantar tetapi rutin atau atur jadwalnya untuk membiasakan diri tidak menggunakan sistem kerja semalam.

  1. Cobalah Untuk Mencari Sedikit Hiburan

Dengan mencoba mencari sedikit hiburan, bisa juga digunakan sebagai salah satu cara agar tidak malas belajar. Banyak jenis hiburan yang bisa kita pilih, mulai dari musik, menonton film motivasi, film hiburan atau sejenisnya, atau jika kita punya hobi menarik bisa kita lampiaskan kebosanan ketika malas melanda.

Demikian sedikit artikel mengenai cara agar tidak malas belajar. Semoga bisa bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan.

utakatikotak
0
utakatikotak
utakatikotak
utakatikotak